TATHWIRU WASA’ITHI AL-FIDIYAW ALMUTAHARIKAH "BUTUN" LITA’LIMI AL-LUGHAH AL’ARABIYAH LISHAFF AL’ASYIR FILMADRASAH AT-TSANAWIYAH AL-HUKUMIYAH TSALITS SLEMAN LIL’AMI AD-DIROSI 2024/2025

Nisa'ul Mahfudziyah, NIM.: 20104020028 (2024) TATHWIRU WASA’ITHI AL-FIDIYAW ALMUTAHARIKAH "BUTUN" LITA’LIMI AL-LUGHAH AL’ARABIYAH LISHAFF AL’ASYIR FILMADRASAH AT-TSANAWIYAH AL-HUKUMIYAH TSALITS SLEMAN LIL’AMI AD-DIROSI 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TATHWIRU WASA’ITHI AL-FIDIYAW ALMUTAHARIKAH ‘BUTUN’ LITA’LIMI AL-LUGHAH AL’ARABIYAH LISHAFF AL’ASYIR FILMADRASAH AT-TSANAWIYAH AL-HUKUMIYAH TSALITS SLEMAN LIL’AMI AD-DIROSI 2024/2025)
20104020028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TATHWIRU WASA’ITHI AL-FIDIYAW ALMUTAHARIKAH ‘BUTUN’ LITA’LIMI AL-LUGHAH AL’ARABIYAH LISHAFF AL’ASYIR FILMADRASAH AT-TSANAWIYAH AL-HUKUMIYAH TSALITS SLEMAN LIL’AMI AD-DIROSI 2024/2025)
20104020028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Arab, penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi pendidikan masih belum banyak dimanfaatkan sebagai sarana alternatif dalam kegiatan belajar mengajar sehingga ini menjadi latar belakang dilakukannya penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah media video pembelajaran menggunakan aplikasi Powtoon, mengetahui kelayakan media video pembelajaran yang dikembangkan dan melihat respon peserta didik terhadap penerapan media video pembelajaran menggunakan powtoon pada siswa kelas X R MAN 3 Sleman. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Uji kelayakan terhadap media merupakan analisis data hasil dari validasi yang dilakukan oleh validator ahli media dan validator ahli materi yang berupa lembar validasi. Selain itu dilakukan uji coba produk pada siswa kelas X R serta melihat respon peserta didik terhadap penerapan produk media dengan pengisian angket penilaian. Hasil penelitian yang dilakukan melalui 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, penerapan dan evaluasi menunjukan bahwa produk media dikatakan sangat layak. Hal tersebut didasarkan pada angket penilaian oleh validator ahli media memperoleh skor presentase 82%, ahli materi memperoleh skor presentase 96%. Selain itu, peneliti mendapat respon dari peserta didik terhadap penerapan produk media dengan skor presentase 91%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dr. Nurhadi, S.Ag., MA
Uncontrolled Keywords: Research and Development, Media Pembelajaran, Powtoon
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Nov 2024 08:37
Last Modified: 20 Nov 2024 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68808

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum