Novaria Intan Nabilla, NIM.: 20104010076 (2024) INTEGRASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMA N 1 PRAMBANAN, SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (INTEGRASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMA N 1 PRAMBANAN, SLEMAN)
20104010076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (INTEGRASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMA N 1 PRAMBANAN, SLEMAN)
20104010076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Peserta didik SMA N 1 Prambanan, Sleman memiliki keragaman dari berbagai segi. Apabila keragaman tersebut tidak dikelola dengan baik maka berpotensi konflik. Oleh karena itu, guru Pendidikan Agama Islam di sekolah tersebut berupaya untuk mengintegrasikan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di SMA N 1 Prambanan, Sleman. Adapun yang menjadi informan penelitian yaitu guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik kelas XI. Metode dan instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Integrasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMA N 1 Prambanan, Sleman dilakukan pada tahap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Hal yang membedakan dengan sekolah lainnya yaitu guru memanfaatkan media audio visual seperti youtube sebelum pembelajaran untuk meningkatkan multikulturalisme peserta didik. Nilai-nilai multikultural yang sering diintegrasikan yaitu nilai kesetaraan dimana guru tidak membeda-bedakan peserta didik, nilai toleransi ditunjukkan dengan sikap peserta didik yang saling menghargai perbedaan, dan nilai kebersamaan terlihat ketika peserta didik saling membantu satu sama lain. 2) Tantangan dan hambatan yang harus dihadapi guru, diantaranya keterampilan guru, psikologi peserta didik, kurangnya wawasan peserta didik, dan kurangnya waktu pembelajaran. 3) Adapun manfaat dari pelaksanaan integrasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran, diantaranya peserta didik mampu hidup dalam perbedaan, memiliki perilaku saling tenggang rasa, saling menghormati, dan peserta didik mampu bekerjasama dengan baik ditengah-tengah perbedaan yang ada.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Yuli Kuswandari, S.Pd., M.Hum. |
Uncontrolled Keywords: | integrasi; pembelajaran PAI; nilai-nilai multikultural |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 14:30 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 14:30 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68859 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |