Supriyono, NIM.: 04132012 (2008) PELAYANAN PRIMA DI LABORATORIUM PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PELAYANAN PRIMA DI LABORATORIUM PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (PELAYANAN PRIMA DI LABORATORIUM PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Selama ini sebagian pustakawan masih mengabaikan aspek pelayanan kepada pengguna perpustakaan. Pustakawan beranggapan jika perpustakaan yang dikelola sudah di kenal masyarakat/pengguna maka dengan otomatis tidak butuh lagi yang namanya pelayanan prima/pelayanan yang memuaskan. (Barata, Atep Adya. 2006 : 4). Pustakawan lupa bahwa keinginan dan tingkat kepuasan para pengunjung perpustakaan selalu berubah. Pustakawan juga lupa bahwa sebagian perpustakaan lain justru bersaing dan berlomba untuk memberikan pelayanan yang terbaik agar memberikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung perpustakaan. Kita harus sadar bahwa pengunjung adalah sumber utama bagi kelangsungan perkembangan perpustakaan. Tanpa adanya pengunjung/Pengguna perpustakaan, maka perpustakaan tersebut tidak akan ada artinya, jangankan utuk berkembang, bahkan berjalan saja tidak. (Barata, Atep Adya. 2006 : 4). Penulis setuju dengan apa yang dikatakan Atep Adya Barata dalam buku Dasar‐dasar Pelayanan Prima ”sebagian orang masih mengabaikan aspek pelayanan pada pelanggan” hal ini dapat penulis lihat dan rasakan di laboratorium perpustakaan Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sulit rasanya untuk mendapatkan pelayanan prima xvii disini. Jangankan untuk memberikan pelayanan prima, devinisi dan konsep pelayanan prima saja masih banyak yang belum faham. Untuk itu ironis sekali bila lembaga yang bergerak dalam bidang layanan kepada masyarakat tidak tahu makna dari pelayanan prima. Harapan penulis dengan diangkatnya tema Pelayanan Prima dalam laporan ini dapat menjadi acuan bagi para pustakawan dan mahasiswa yang sedang menempuh studi Ilmu perpustakaan. Kendala‐kendala Yang Dihadapi Dalam Pelayanan Prima Di Laboratorium Perpustakaan Fakultas adab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. a. Kurangnya pengetahuan tentang pelayanan prima. Sehingga pustakawan yang bertugas hanya mengandalkan kemampuan dalam bidang pelayanan yang biasa (kurang maksimal). b. Kurangnya tenaga teknis. Sehingga menjadikan beberapa bidang pelayanan menjadi terabaikan. c. Prasarana (Ruang Perpustakaan) yang kurang memadai untuk ukuran Fakultas. Sehingga sering terkesan penuh yang mengakibatkan ketidak nyamanan bagi pengunjung perpustakaan. d. Masih kurangnya standar kedisiplinan pustakawan dalam bertugas. Baik itu kedisiplinan waktu maupun kedisiplinan dalam shelving (menyusun buku di rak). Sehingga mengakibatkan kekecewaan tersendiri bagi pengunjung. e. Kurangnya dana yang mengakibatkan keterbatasannya fasilitas teknologi di perpustakaan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Nurdin Laugu, S.Ag., SS., MA. |
| Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Prima, Layanan Konsumen, Layanan Peduli Pelanggan |
| Subjects: | 000 Ilmu Komputer, Ilmu Informasi, dan Karya Umum > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025.5 Layanan Perpustakaan |
| Divisions: | Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (D3) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 11 Dec 2024 14:27 |
| Last Modified: | 11 Dec 2024 14:27 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68870 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
