Luluk Nur Azizah, NIM.: 05130035 (2008) PELAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PELAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PELAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan sirkulasi merupakan salah satu jasa perpustakaan yang pertama kali berhubungan langsung dengan pengguna perpustakaan. Aktivitas bagian sirkulasi menyangkut masalah citra perpustakaan. Baik tidaknya sebuah perpustakaan berkaitan dengan bagaimana pelayanan sirkulasi yang di berikan pada pemakai. Dengan memberikan pelayanan yang optimal kepada pengguna perpustakaan, sehingga pengguna akan puasa dan nyaman untuk datang lagi ke perpustakaan. Perpustakaan sekolah memberikan pelayanan kepada guru, murid, dan orang tua murid. Guru-guru dipacu untuk memakai perpustakaan sehingga mereka juga dapat menyuruh murid-murid untuk mencari bahan di perpustakaan. Layanan untuk guru terutama ditekankan agar bahan pengajaran yang mereka berikan siap di perpustakaan. Hal ini akan memperkaya pengalaman guru dan mempermudah proses pendidikan dan pengajaran. Kerjasama yang baik antara guru dengan pustakawan sangat didambakan. Dengan demikian guru akan terbiasa menggunakan perpustakaan, sehingga dapat memperkaya pengalaman dan mantap dalam penampilan. Peningkatan mutu perpustakaan SMP Muhammadiyah 3 Depok tidak lepas dari upaya peningkatan pelayanan yang optimal kepede pembaca. Karena, pelayanan akan sangat terpengaruh terhadap minat baca dan minat kunjung siswa untuk datang ke perpustakaan, sedangkan minat baca dan minat kunjung siswa untuk datang ke perpustakaan menjadi tolak ukur keberhasilan perpustakaan sekolah dalam memenuhi kewajibannya sebagai sarana pendukung belajar mengajar. Perpustakaan SMP Muhammadiyah 3 Depok merupakan sistem pelayanan terbuka (open access). Sedangkan sistem peminjaman yang diterapkan adalah sistem network. Jenis-jenis pelayanan sirkulasi meliputi: pendaftaran anggota, peminjaman, pengembalianpengembalian, penagihan, sanksi/denda, bebas pustaka. Kendala-kendala yang dialami dalam pelayanan sirkulasi di perpustakaan SMP Muhannadiyah 3 Depok adalah kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki, kurangnya petugas perpustakaan dan sosialisasi tentang tata tertib peminjaman, tata ruang dan sistem komputerisasi yang belum diberdayakan, adanya keterbatasan dana, dab adanya koleksi yang belum diberi call number dan slip tanggal pengembalian sehangga mengganggu proses peminjaman.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Tafrikhudin. S. Ag., M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Perpustakaan, Sirkulasi, Perpustakaan Sekolah |
Subjects: | 000 Ilmu Komputer, Ilmu Informasi, dan Karya Umum > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025.5 Layanan Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (D3) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 14:30 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 14:30 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68871 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |