Amelia Kholis Siregar, NIM.: 20104080067 (2024) PENGEMBANGAN BUKU PENDAMPING MEMBACA BAGI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS BERKESULITAN MEMBACA DI SD NEGERI KOTAGEDE 3. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN BUKU PENDAMPING MEMBACA BAGI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS BERKESULITAN MEMBACA DI SD NEGERI KOTAGEDE 3)
20104080067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN BUKU PENDAMPING MEMBACA BAGI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS BERKESULITAN MEMBACA DI SD NEGERI KOTAGEDE 3)
20104080067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan inklusif menyediakan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus sesuai kebutuhannya. Namun, fakta yang didapat bahwa beberapa peserta didik pada salah satu sekolah dasar yang terletak di kecamatan Kotagede belum memiliki bahan ajar yang efektif untuk pendampingan belajar membaca. Hal ini terjadi akibat bahan ajar yang digunakan belum tersusun dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku pendamping membaca untuk pendampingan belajar membaca peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) berkesulitan membaca layak digunakan menurut ahli, serta mengetahui respon calon pengguna terhadap buku pendamping membaca. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket. Angket yang digunakan dalam penelitian ini mencakup angket validator, angket respon guru pembimbing khusus (GPK) dan angket respon PDBK sebagai calon pengguna. Adapun data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif yang dianalisis menggunakan pedoman skala lima, skala guttman dan kriteria kelayakan menurut Permendikbudristek nomor 22 tahun 2022 tentang penilaian buku pendidikan. Responden dalam penilitian ini adalah PDBK berkesulitan membaca di kelas inklusif SD Negeri Kotagede 3 yang berjumlah 2 orang. Penelitian ini terbukti menghasilkan buku pendamping membaca yang layak untuk digunakan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli bahasa, respon GPK, dan respon PDBK. Dimana pada hasil penilaian ahli media memperoleh nilai A dengan kategori “Sangat Baik”. Pada penilaian materi memperoleh nilai A dengan kategori “Sangat Baik”. Pada penilaian ahli bahasa memperoleh nilai A dengan kategori “Sangat Baik” juga. Serta penilaian respon GPK terhadap buku pendamping memperoleh nilai dari GPK 1 A dengan kategori “Sangat Baik” dan nilai GPK 2 B dengan kategori “Baik”. Adapun respon wali kelas masing-masing PDBK memperoleh nilai A dengan kategori “Sangat Baik”. Respon PDBK terhadap penggunaan buku pendamping membaca memperoleh skor 21 dengan prentase nilai 87,5 % yang dikategorikan “Positif”.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Izzatin Kamala, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | ADDIE, buku pendamping membaca, pendidikan berkebutuhan khusus; kesulitan membaca; pendidikan inklusif |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.9 Pendidikan Khusus/Pendidikan Inklusi |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 19 Dec 2024 10:27 |
| Last Modified: | 19 Dec 2024 10:27 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68918 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
