Anggi Syahputri, NIM.: 19104020062 (2024) PENERAPAN METODE SAM’IYYAH SYAFAWIYYAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS IV DI MIN 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENERAPAN METODE SAM’IYYAH SYAFAWIYYAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS IV DI MIN 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2023/2024)
19104020062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENERAPAN METODE SAM’IYYAH SYAFAWIYYAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS IV DI MIN 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2023/2024)
19104020062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan, pengaruh, dan faktor-faktor pendukung dan penghambat metode sam’iyyah syafawiyyah dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas IV MIN 2 Bantul. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan khususnya pada metode pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian experimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian menggunakan pre-experimental designs (nondesigns) dengan metode one-group pretest-posttest design. Populasi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 2 Bantul, sedangkan sampel penelitian yang diambil ialah siswa kelas IV A MIN 2 Bantul yang berjumlah 27 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji hipotesis data penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test dan uji n-gain yang dihitung melalui aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, penulis menggunakan metode sam’iyyah syafawiyyah yang didukung dengan media gambar dan permainan dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas IV MIN 2 Bantul dengan alasan memudahkan dan menciptakan suasana yang asik dan menyenangkan bagi siswa dalam proses belajar mengajar di kelas. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode sam’iyyah syafawiyyah dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab kelas IV A MIN 2 Bantul. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi pada uji hipotesis paired sample t-test sebesar yaitu 0,001. Dilihat dari kriteria ketetapan hasil uji paired sample t-test, nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa jika nilai Sig. < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Adapun peningkatan pada motivasi belajar bahasa Arab di kelas IV A MIN 2 Bantul melalui metode sam’iyyah syafawiyyah yakni sebesar 30,21%. Ketiga, dalam proses pembelajaran bahasa Arab terdapat faktor pendukung seperti guru yang aktif dan kreatif, keberanian siswa tampil, media pembelajaran yang unik dan menarik. Terdapat juga faktor penghambat seperti, rendahnya kemampuan dasar siswa, minimnya fasilitas belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Sam’iyyah Syafawiyyah, Motivasi Belajar, Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 14:53 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 14:53 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69161 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |