Fajar Nur Huda, NIM.: 20104010033 (2024) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS WEBSITE PADA PEMBELAJARAN FIKIH MAWARIS DI KELAS XII SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS WEBSITE PADA PEMBELAJARAN FIKIH MAWARIS DI KELAS XII SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA)
20104010033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS WEBSITE PADA PEMBELAJARAN FIKIH MAWARIS DI KELAS XII SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA)
20104010033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Minat belajar merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan proses belajar. Minat yang Ɵnggi terhadap materi pelajaran dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Sebaliknya kurangnya minat belajar dapat mempengaruhi kemampuan peserta didik. Di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta terdapat kurangnya minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. PeneliƟan ini bertujuan untuk menjelaskan desain pengembangan E-Learning berbasis website dan pengaruh penggunaan E- Learning berbasis website terhadap minat belajar. PeneliƟan ini menggunakan metode peneliƟan RnD (Research and Development) dengan model ADDIE dan Quasi Experimental Design dalam bentuk Nonequivalent Control Group Design. E-Learning divalidasi dengan menilai aspek media, materi, reviewer dan aspek instruksional. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Teknik menganalisis guru dan peserta didik merupakan teknik awal untuk mengumpulkan data, teknik uji kelayakan E- Learning berbasis website dan mengukur minat belajar peserta didik terhadapa E- Learning berbasis website data tersebut dikonvers dalam bentuk presentase. Hasil peneliƟan : 1) Pada analisis awal menunjukan bahwa adanya ketertarikan guru dan peserta didik dalam menggunakan website dalam pembelajaran Fikih. 2) Hasil validator penilaian dari aspek media mendapatkan 90,67% dengan kriteria “sangat valid”, aspek materi dengan presentase 100% dengan kriteria “sangat valid”, aspek instruksional dengan presentase 84% dengan kriteria “sangat valid’ dan reviewer mendapatkan presentase 80% dengan kriteria “valid”. 3). Hasil uji hipotesis pada uji wilcoxon kelas kontrol mendapat 12,85, sedangkan kelas eksperimen mendapat 15,00 dan uji N-Gain di kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 0,2328 dengan kriteria “rendah” sedangkan kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 0,5008 dengan kriteria “sedang”.Dengan demikian kelas kontrol < kelas eksperimen maka hal ini dapat dinyatakan bahwa semakin sering menggunakan E-Learning berbasis webite semakin Ɵnggi minat belajar perserta didik dalam pembelajaran Fikih materi mawaris.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si. |
| Uncontrolled Keywords: | E-Learning, Website, Minat Belajar, Pengembangan Media Pembelajaran, Pembelajaran Fikih Mawaris |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 07 Jan 2025 15:03 |
| Last Modified: | 17 Sep 2025 15:50 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69164 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
