Wahdah Wulidatus S.N, NIM.: 20104020033 (2024) TATBIQ AL MANHAJ AL DIRASIY FI HURRIYYAT AL TA'ALLUM FI TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH BI MADRASAH SULTAN AGUNG AL IBTIDA'IYYAH AL ISLAMIYYAH YOGYAKARTA LI AL 'AM AL DIRASIY 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (TATBIQ AL MANHAJ AL DIRASIY FI HURRIYYAT AL TA'ALLUM FI TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH BI MADRASAH SULTAN AGUNG AL IBTIDA'IYYAH AL ISLAMIYYAH YOGYAKARTA LI AL 'AM AL DIRASIY 2023/2024)
20104020033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (TATBIQ AL MANHAJ AL DIRASIY FI HURRIYYAT AL TA'ALLUM FI TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH BI MADRASAH SULTAN AGUNG AL IBTIDA'IYYAH AL ISLAMIYYAH YOGYAKARTA LI AL 'AM AL DIRASIY 2023/2024)
20104020033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui cara mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Sultan Agung Yogyakarta tahun ajaran 2023/2024, dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan dan penilaian (2) mengetahui permasalahan yang terjadi pada saat penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab (3) mengetahui upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan pada saat penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengambil objek penelitian kurikulum merdeka di MI Sultan Agung Yogyakarta. Sumber data dalam penelitian ini diantaranya adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, dan guru mata pelajaran Bahasa Arab kelas 4. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tiga alur yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (Miles&Huberman). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Sultan Agung Yogyakarta secara umum telah dilaksanakan dengan baik serta berdampak baik dalam pembelajaran. Hal ini dapat dinilai dari terciptanya pembelajaran yang lebih bermakna dan menyenangkan bagi siswa. Kegiatan imlementasi kurikulum merdeka dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan hingga penilaian. Kemudian di luar pembelajaran, peserta didik melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P2RA) (2) permasalahan implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Sultan Agung Yogyakarta adalah, guru kesulitan dalam menentukan materi pembelajaran, tidak adanya pembelajaran berdiferensiasi, kurangnya motivasi yang dimiliki guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan benar, dan kesulitan dalam mengimplementasikan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P2RA) (3) upaya dalam mengatasi permasalahan implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Sultan Agung Yogyakarta adalah saling bertukar pikiran atau sharing antar sesame pendidik, guru mengadakan bimbingan khusus kepada peserta didik yang membutuhkan, pemaksimalan kegiatan pelatihan-pelatihan dan pendampingan yang intensif, dan perlu adanya dorongan bagi guru untuk melakukan pemahaman mandiri terkait implementasi kurikulum merdeka.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I M.Pd.I. |
| Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Pembelajaran, Bahasa Arab |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375.006 Pendidikan - Kurikulum |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 14 Jan 2025 15:13 |
| Last Modified: | 14 Jan 2025 15:13 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69317 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
