ASTARATIJIYYAT AL MU’ALLIMIN FI TARQIYYAH AL IHTIMAM BI AL TA’LIM AL LUGHAH AL ‘ARABIYYAH LIL TALABAH DHAWI AL I’AQAH FI AL MADRASAH AL THANAWIYYAH AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH AL THANIYYAH BI SLEMAN

Anggara Ari Purnama, NIM.: 20104020010 (2024) ASTARATIJIYYAT AL MU’ALLIMIN FI TARQIYYAH AL IHTIMAM BI AL TA’LIM AL LUGHAH AL ‘ARABIYYAH LIL TALABAH DHAWI AL I’AQAH FI AL MADRASAH AL THANAWIYYAH AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH AL THANIYYAH BI SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ASTARATIJIYYAT AL MU’ALLIMIN FI TARQIYYAH AL IHTIMAM BI AL TA’LIM AL LUGHAH AL ‘ARABIYYAH LIL TALABAH DHAWI AL I’AQAH FI AL MADRASAH AL THANAWIYYAH AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH AL THANIYYAH BI SLEMAN)
20104020010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ASTARATIJIYYAT AL MU’ALLIMIN FI TARQIYYAH AL IHTIMAM BI AL TA’LIM AL LUGHAH AL ‘ARABIYYAH LIL TALABAH DHAWI AL I’AQAH FI AL MADRASAH AL THANAWIYYAH AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH AL THANIYYAH BI SLEMAN)
20104020010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab sudah terselenggara di berbagai lembaga pendidikan. Salah satunya di sekolah inklusi MAN 2 Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui strategi guru dalam pembelajaran bahasa Arab, 2) Mengetahui minat siswa difabel dalam belajar bahasa Arab, 3) Mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN 2 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif psikologis. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru mata pelajaran bahasa Arab, petugas TU, dan siswa difabel MAN 2 Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teori Miles dan Huberman dengan proses triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Data yang didapat kemudian dideskripsikan berupa narasi dan diolah kembali oleh peneliti. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Untuk meningkatkan minat belajar siswa difabel di MAN 2 Sleman, guru menggunakan beberapa strategi yakni strategi pembelajaran langsung atau thariqah mubasyarah, strategi pembelajaran targhib tarhib, strategi pembelajaran interaktif, dan strategi pembelajaran diferensiasi, 2) Terdapat peningkatan minat belajar siswa difabel setelah melakukan pembelajaran bahasa Arab dengan strategi pembelajaran yang diterapkan guru, hal ini dapat dilihat dengan siswa menunjukkan perasaan senang dalam pembelajaran bahasa Arab, siswa menunjukkan ketertarikan dalam belajar bahasa Arab, siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran bahasa Arab, dan upaya untuk memahami materi di luar jam pembelajaran. Namun masih terdapat kekurangan yaitu perhatian yang siswa berikan dalam pembelajaran bahasa Arab belum optimal, 3) Dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa difabel di MAN 2 Sleman, terdapat faktor pendukung dan penghambat. Adapun faktor pendukungnya adalah Penggunaan media audio dan aplikasi screen reaader serta lingkungan belajar yang inklusif. Sedangkan faktor penghambatnya adalah wewenang guru yang terbatas dalam menentukan durasi pembelajaran, perbedaan kemampuan siswa, dan fasilitas yang belum sepenuhnya terealisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Nurhapsari Pradnya Paramita, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Minat Belajar, Siswa Difabel, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Jan 2025 10:47
Last Modified: 16 Jan 2025 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69390

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum