PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MORALITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 4 NGAGLIK

Alfitra Firmansyah, NIM.: 22204012006 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MORALITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 4 NGAGLIK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MORALITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 4 NGAGLIK)
22204012006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MORALITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 4 NGAGLIK)
22204012006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Moralitas merupakan salah satu faktor terpenting bagi siswa. Sedangkan, prestasi belajar merupakan capaian segala proses pembelajaran. Kehadiran media sosial memberi pengaruh terhadap moralitas dan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana pengaruh penggunaan media sosial terhadap moralitas siswa kelas VIII SMPN 4 Ngaglik, 2) Bagaimana pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 4 Ngaglik, dan 3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media sosial terhadap moralitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 4 Ngaglik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan termasuk penelitian asosiatif. Penelitian ini tergolong penelitian sampel dengan jumlah 56 responden. Teknik dalam pengambilan data menggunakan kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, dan uji hipotesis regresi dengan bantuan SPSS versi 29 for windows. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwasanya terdapat pengaruh penggunaan media sosial terhadap moralitas siswa kelas VIII SMPN 4 Ngaglik sebesar 17,6% dengan nilai t hitung sebesar 3,394 > t tabel 1,672 dan nilai sig. 0,001 < 0,05. Pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 4 Ngaglik sebesar 14,2% dengan t hitung sebesar 2,983 > t tabel 1,672 dan nilai sig. 0,001 < 0,05. Dengan nilai F-Significance (Sig.) untuk pengaruh penggunaan media sosial terhadap moralitas siswa adalah 0,001, yang menunjukkan bahwa pengaruh tersebut signifikan pada tingkat signifikansi 0,05 dan F-Significance (Sig.) untuk pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar siswa adalah 0,001, yang juga menunjukkan bahwa pengaruh tersebut signifikan pada tingkat signifikansi 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Moralitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 4 Ngaglik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Dr. Hj. Siti Fatonah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: use of social media; student morality; student learning achievement
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302.231 Media Komunikasi, Media Massa, Media Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Jan 2025 15:31
Last Modified: 20 Jan 2025 15:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69503

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum