Apriliana Indah Lestari, NIM.: 20104010038 (2024) PENGARUH PEMANFAATAN WEBSITE CENDIKIA (BUKU REFERENSIW) TERHADAP PEMAHAMAN MATERI TOLERANSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KLATEN TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGARUH PEMANFAATAN WEBSITE CENDIKIA (BUKU REFERENSIW) TERHADAP PEMAHAMAN MATERI TOLERANSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KLATEN TAHUN AJARAN 2024/2025)
20104010038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGARUH PEMANFAATAN WEBSITE CENDIKIA (BUKU REFERENSIW) TERHADAP PEMAHAMAN MATERI TOLERANSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KLATEN TAHUN AJARAN 2024/2025)
20104010038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman moderasi beragama di kalangan siswa di SMP Negeri 5 Klaten. Siswa membutuhkan sumber belajar yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pemahaman tentang moderasi beragama. Salah satu sumber belajar yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar bagi siswa Website Cendikia. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menguji secara empiris pengaruh pemanfaatan Website Cendikia terhadap pemahaman materi moderasi beragama siswa SMP Negeri 5 Klaten. (2) Menganalisis besar pengaruh pemanfaatan Website Cendikia terhadap pemahaman materi moderasi beragama siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen. Dengan jenis desain eksperimen non-randomizes pre-test-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Klaten yang berjumlah 32 siswa kelas eksperimen dan 32 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes pemahaman dan lembar observasi prosedur pemanfaatan Website Cendikia. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik Quade’s Rank Analysis Covariance dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan Website Cendikia terhadap pemahaman siswa materi moderasi beragama [F = 5.810; df = 1, p = 0.019 < 0.05]. Hasil pemahaman siswa yang memanfaatkan Website Cendikia lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak memanfaatkan Website Cendikia. (2) Besar pengaruh pemanfaatan Website Cendikia terhadap pemahaman siswa materi moderasi beragama adalah 8,6% (
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Sri Purnami, S.Psi., M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Website Cendikia; Moderasi Beragama; bullying |
Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.28 Hubungan Islam dan Agama Lainnya (Moderasi Beragama) 300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302.231 Media Digital |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 11:35 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 11:35 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69513 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |