Eva Yuliana, NIM: 19104080071 (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDN CATURTUNGGAL 3. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDN CATURTUNGGAL 3)
19104080071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDN CATURTUNGGAL 3)
19104080071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka ditekankan pada keberagaman peserta didik serta memberikan kesempatan pada peserta didik belajar sesuai dengan gaya belajarnya termasuk dalam pelajaran matematika, karena dengan adanya pembelajaran berdiferensiasi maka peserta didik diharapkan berhasil mencapai keberhasilan belajar tanpa batas sesuai dengan gaya belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui tahapan implementasi pembelajaran yang berdiferensiasi pada pelajaran matematika kelas IV 2) Mengetahui implementasi pembelajaran yang berdiferensiasi pada pelajaran matematika 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari implementasi pembelajaran yang berdiferensiasi pada pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini melalui 4 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, uji keabsahan data dan kesimpulan. Penelitian skripsi ini memaparkan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran matematika kelas IV di SDN Caturtunggal 3. Berdasarkan dari data yang diperoleh mendapatkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa tahapan dari pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka di SDN Caturtunggal 3 yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pada implementasi pembelajaran berdiferensiasi SDN Caturtunggal 3 melaksanakan kegiatan pembelajaran yang bervariasi dengan menggunakan metode diferensiasi yang sudah diterapkan yaitu diferensiasi konten, proses dan produk. Faktor pendukung dalam pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran matematika diantaranya sarana prasarana dan kondisi sekolah sedangkan faktor penghambat diantaranya yaitu waktu dan pemahaman dari guru terkait pembelajaran berdiferensiasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Dr. Luluk Mauluah, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka; pembelajaran berdiferensiasi; matematika |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 10:07 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 10:07 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69771 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |