EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN IMLA’ FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KITABAH DI MI MA’ARIF SAMBENG SRANDAKAN

Miftah Farid, NIM.: 19104020008 (2024) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN IMLA’ FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KITABAH DI MI MA’ARIF SAMBENG SRANDAKAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN IMLA’ FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KITABAH DI MI MA’ARIF SAMBENG SRANDAKAN)
19104020008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN IMLA’ FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KITABAH DI MI MA’ARIF SAMBENG SRANDAKAN)
19104020008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas media Imla’ Flash Card terhadap keterampilan Kitabah atau menulis Bahasa arab di MI Ma’arif Sambeng serta untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran imla’ flash card. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung di pembelajaran bahasa arab dan khususnya pada tenaga pengajara di MI Ma’arif Sambeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang disesuaikan dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Studi ini melibatkan 21 siswa MI Ma’arif Sambeng Kelas III. Sedangkan sample dalam penelitian ini diambil dengan Teknik Exhaustive Sampling atau sampling jenuh. Teknik pengumpulan data melalui Obervasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji Independent sample T Test digunakan sebagai uji hipotesis. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi dunia Pendidikan khususnya pada media pembelajaran sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan media Imla’ Flash card efektif terhadap meningkatkan kemampuan Kitabah atau menulis Bahasa arab siswa MI Ma’arif Sambeng. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikan pada Uji Independent Sample T Test, dengan nilai 0,009 < 0,05. Serta dapat pula dilihat dari perbedaan rata-rata nilai Posttest, dimana rata-rata kelas eksperimen yang diterapkan media Imla’ Flash card adalah 81,55, sedangkan kelas kontrol yang tidak menggunakan Imla’ Flash card memiliki rata-rata 64,90.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Flash Card, Imla’, Kitabah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 10 Feb 2025 10:01
Last Modified: 10 Feb 2025 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69940

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum