Silvi Nadiyatul Hasanah, NIM.: 19104090058 (2024) PENGARUH HARGA, PROMOSI, LOKASI DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KEPUTUSAN ORANG TUA SISWA MEMILIH MTS DARUSSALAM KEMIRI KECAMATAN SUBAH KABUPATEN BATANG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGARUH HARGA, PROMOSI, LOKASI DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KEPUTUSAN ORANG TUA SISWA MEMILIH MTS DARUSSALAM KEMIRI KECAMATAN SUBAH KABUPATEN BATANG JAWA TENGAH)
19104090058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (PENGARUH HARGA, PROMOSI, LOKASI DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KEPUTUSAN ORANG TUA SISWA MEMILIH MTS DARUSSALAM KEMIRI KECAMATAN SUBAH KABUPATEN BATANG JAWA TENGAH)
19104090058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana pengaruh variabel harga, promosi, lokasi dan sarana prasarana terhadap keputusan orang tua memilih lembaga pendidikan untuk anaknya di MTs Darussalam tahun ajaran 2023-2024 secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik penentuan sampel menggunakan tabel Krejcie. Populasi penelitian terdiri dari 534 orang tua siswa, dengan sampel sebanyak 213 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada orang tua siswa yang memiliki anak di MTs Darussalam Kemiri. Dalam penelitian ini variabel independen berupa harga, promosi, lokasi dan sarana prasarana. Sedangkan variabel dependen berupa keputusan memilih. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisa menggunakan SPSS (Statistical Package for Social Sciences) versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel harga, promosi, lokasi, dan sarana prasarana dengan keputusan orang tua siswa secara parsial maupun simultan. Nilai signifikansi untuk variabel harga terhadap keputusan memilih adalah 0,000 (<0,05) dengan nilai koefisien 0,313 (rendah). Nilai signifikansi untuk promosi terhadap keputusan memilih adalah 0,000 (<0,05) dengan nilai koefisien 0,347 (rendah). Nilai signifikansi untuk lokasi terhadap keputusan memilih adalah 0,000 (<0,05) dengan nilai koefisien 0,352 (rendah). Nilai signifikansi untuk sarana prasarana terhadap keputusan memilih adalah 0,000 (<0,05) dengan nilai koefisien 0,376 (rendah). Secara simultan, nilai signifikansi dari keempat variabel terhadap keputusan memilih adalah 0,000 (<0,05) dengan nilai koefisien korelasi 0,564 (sedang). Berdasarkan hasil regresi parsial, harga memiliki pengaruh yang signifikan dengan nilai signifikansi 0,020 (<0,05), promosi memiliki pengaruh yang signifikan dengan nilai signifikansi 0,001 (<0,05), lokasi memiliki pengaruh yang signifikan dengan nilai signifikansi 0,016 (<0,05), dan sarana prasarana memiliki pengaruh yang signifikan dengan nilai signifikansi 0,001 (<0,05). Selain itu, pengaruh simultan dari keempat variabel terhadap keputusan memilih menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05), sehingga Ha5 diterima, dengan nilai R Square sebesar 0,318, atau 31,8%. Adapun 68,2% lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Prof. Dr. Imam Machali, M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | Harga, Promosi, Sarana Prasarana, Keputusan Memilih |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.2 Pendidikan - Manajemen |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1) |
| Depositing User: | S.Sos Sofwan Sofwan |
| Date Deposited: | 18 Feb 2025 09:42 |
| Last Modified: | 18 Feb 2025 09:42 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69969 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
