PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST MATERI TANDA KEKUASAAN ALLAH SWT DALAM PENCIPTAAN ALAM SEMESTA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024

Haidir Ali Akbar, NIM.: 20104010011 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST MATERI TANDA KEKUASAAN ALLAH SWT DALAM PENCIPTAAN ALAM SEMESTA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST MATERI TANDA KEKUASAAN ALLAH SWT DALAM PENCIPTAAN ALAM SEMESTA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024)
20104010011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST MATERI TANDA KEKUASAAN ALLAH SWT DALAM PENCIPTAAN ALAM SEMESTA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024)
20104010011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Al-Qurán Hadist kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, yang mana kondisi saat ini masih banyak hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM. Sebagai pendidik, guru dituntut untuk bisa meningkatkan hasil belajar siswanya yang mana salah satu caranya dengan memilih model pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan menganalisis besar peningkatan hasil belajarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain pretest and posttest with cluster random sampling. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2023/ 2024 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial menggunakan uji statistik nonparametrik mann whitney u test dan perhitungan indeks gain. Hasil peneliian ini menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif terhadap peningkatan hasil belajar Al-Qurán Hadist Materi tanda kekuasaan Allah Swt dalam penciptaan alam semesta. Hasil uji mann whitney u test pada kelas eksperimen yang digunakan menunjukkan (U = 286,000; dengan P = 0,00; P < 0,05). Adapun terkait besar pengaruh di hitung dengan uji N-Gain dan mendapat skor 0,72 yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis penelitian ini diterima. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif Jigsaw learning, Hasil Belajar, Al-Qurán Hadist

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Kooperatif Jigsaw learning, Hasil Belajar, Al-Qurán Hadist
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 18 Feb 2025 09:43
Last Modified: 18 Feb 2025 09:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70016

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum