PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEEBLY BERBASIS METODE FLIPPED CLASSROOM KOMBINASI STRATEGI TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI MINYAK BUMI

Asrifaturofingah, NIM.: 21104060002 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEEBLY BERBASIS METODE FLIPPED CLASSROOM KOMBINASI STRATEGI TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI MINYAK BUMI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEEBLY BERBASIS METODE FLIPPED CLASSROOM KOMBINASI STRATEGI TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI MINYAK BUMI)
21104060002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEEBLY BERBASIS METODE FLIPPED CLASSROOM KOMBINASI STRATEGI TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI MINYAK BUMI)
21104060002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum Nasional bertujuan untuk menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada peserta didik. Namun penyampaian pembelajaran kimia khususnya pada materi minyak bumi masih didominasi oleh media metode dan media konvensional seperti metode ceramah dan media buku cetak yang kurang mendukung peran aktif peserta didik. Oleh karena itu, perlu dikembangkan pembelajaran yang mengakomodasi tujuan pembelajaran pada Kurikulum Nasional. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengetahui kualitas media pembelajaran Weebly berbasis Flipped classroom dan Teams games tournament pada materi minyak bumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development, dengan menerapkan model ADDIE melalui tahapan: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Namun pada penelitian ini tahap Implementation tidak dilakukan. Subjek pada penelitian ini melibatkan tiga peer reviewer, satu validator ahli materi, satu validator ahli media, lima reviewer yang merupakan guru kimia di SMA/sederajat dan tiga belas responden yang merupakan peserta didik SMA/sederajat. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar angket yang telah divalidasi oleh ahli instrumen. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil yang positif dengan skor penilaian ahli materi 94,11% (Sangat Baik), penilaian ahli media 85,96% (Sangat Baik), skor reviewer sebesar 94, 56% (Sangat Baik) dan skor responden sebesar 94,87%. Penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memiliki kualitas sangat baik dan dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran kimia di sekolah pada materi minyak bumi. Kata Kunci: Flipped Classroom, Minyak Bumi, Teams games tournament, Website, Weebly

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, Minyak Bumi, Teams games tournament, Website, Weebly
Subjects: 500 Sains Murni > 540 Kimia > 540.7 Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 18 Feb 2025 15:07
Last Modified: 18 Feb 2025 15:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70150

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum