UPAYA PENINGKATAN AKTIFITAS BELAJAR MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIIA PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PIYUNGAN

Widiah Prihatini, NIM.: 03430036-T (2006) UPAYA PENINGKATAN AKTIFITAS BELAJAR MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIIA PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PIYUNGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN AKTIFITAS BELAJAR MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIIA PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PIYUNGAN)
03430036-T_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN AKTIFITAS BELAJAR MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIIA PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PIYUNGAN)
03430036-T_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran Matematika siswa kelas VII A di MTsN Piyungan adalah rendahnya tingkat keterlibatan atau keaktifan siswa dalam proses pembelajaran tersebut. Selama proses pembelajaran berlangsung siswa cenderung pasif dan peranan guru sangat dominan, dapat dikatakan apa yang terjadi selama proses pembelajaran sangat bergantung pada guru. Kondisi pembelajaran yang semacam ini tentu sangat menyedihkan clan memprihatinkan, tidak efektif serta tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran Matematika. Sebagai seorang guru tentu saja mempWlyai keinginan dan berupaya untuk memperbaiki kondisi tersebut. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Class Action Research (CAR) yang dilakukan di MTsN Piyungan Bantul. PTK ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa kelas VII A dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan pendekatan Problem Posing atau Pembentukan Soal pada pokok bahasan Bangun Segi Empat HasiJ dari peneJitian ini temyata menunju.kkan adanya peningkatan aktifitas belajar siswa kelas VIIA dalam proses pembelajaran Matematika. Siswa yang semula pasif, tidak pemah bertanya, hanya mendengarkan dan menerima saja materi apa yang akan diberikan oleh guru, menjadi siswa yang mulai berani bertanya, lebih berusaha untuk mengerti clan memahami materi pelajaran serta aktif membaca buku pelajaran acuan yang memuat materi pelajaran yang selang dibicarakan. Hal ini juga ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai hasil ulangan harian. Adanya peningkatan aktifitas belajar siswa tersebut merupakan suatu hat yang memang diharapkan oJeh guru mata pelajaran Matematika. Peningkatan sekecil apapun adatah suatu prestasi yang patut dihargai, karena men1pakan basil kerja keras dari siswa 1mtuk maju dan menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. Edi Prajitno, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pembelajaran aktif; belajar matematika; problem posing
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Feb 2025 10:16
Last Modified: 20 Feb 2025 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70221

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum