Humairo Mufidah, NIM.: 9943437 (2005) MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DAN SIKAP TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II DI SMA KOLOMBO SLEMAN DIY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DAN SIKAP TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II DI SMA KOLOMBO SLEMAN DIY)
9943437_BAB I_V_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text (MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DAN SIKAP TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II DI SMA KOLOMBO SLEMAN DIY)
9943437_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar matematika dengan prestasi belajar matematika, hubungan antara sikap terhadap pembelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika, dan hubungan motivasi belajar matematika dan sikap terhadap pembelajaran matematika secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika siswa kelas II SMA Kolombo Sleman DIY. Populasi penelitian adalah siswa kelas II SMA Kolombo Sleman DIY tahun pelajaran 2004/2005 berjumlah 110 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas IIA dan IID berjumlah 52 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes prestasi belajar matematika. Instrumen motivasi belajar matematika mempunyai nilai keandalan sebesar 0,8855 untuk instrumen sikap terhadap pembelajaran matematika mempunyai nilai keandalan sebesar 0,8584 dan nilai keandalan untuk prestasi belajar matematika sebesar 0,640. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar matematika dengan prestasi belajar matematika dengan koefesien korelasi sebesar 0,555; 2) terdapat hubungan yang positif antara sikap terhadap pembelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika dengan koefesien korelasi sebesar 0,525; 3) terdapat hubungan yang positif antara motiovasi belajar matematika dan sikap terhadap pembelajaran matematika secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika dengan koefesien korelasi sebesar 0,605 dan koefesien determinasi sebesar 0,366. Ini berarti bahwa 36,6 % prestasi belajar matematika ditentukan secara bersama-sama oleh motivasi belajar matematika dan sikap terhadap pembelajaran matematika, dengan perincian sumbangan efektif 20,812 % oleh motivasi belajar matematika dan 15,768 % dari sikap terhadap pembelajaran matematika. Sedangkan sisanya sebesar 63,4 % prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Sukiman, S.Ag., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | prestasi belajar; belajar matematika; motivasi belajar |
Subjects: | 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 11:39 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 11:39 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70226 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |