Hisyam Luthfi Azmi, NIM.: 21104010053 (2025) IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MTS RAUDHATUL MUTTAQIEN KALASAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MTS RAUDHATUL MUTTAQIEN KALASAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2024/2025)
21104010053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MTS RAUDHATUL MUTTAQIEN KALASAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2024/2025)
21104010053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah MTs Raudhatul Muttaqien Kalasan Sleman memiliki keragaman kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur'an. Penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dianggap relevan karena pendekatan ini sejalan dengan kebutuhan madrasah dalam mengatasi variasi kemampuan siswa secara lebih efektif dengan berfokus pada pengelompokan siswa berdasarkan kemampuan aktual mereka, bukan berdasarkan tingkat kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penerapan pendekatan TaRL serta kendala dan faktor pendukungnya dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an siswa di MTs Raudhatul Muttaqien Kalasan Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, guru tahfidz dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik/metode. Teknik analisis data dilakukan menggunakan tiga langkah utama, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam pembelajaran Al-Qur’an dilaksanakan melalui beberapa tahapan, diantaranya: tahap pertama dimulai dari assesmen diagnostik. Tahap kedua pengelompokan siswa menjadi tiga kategori: Pemula, menengah dan mahir. Tahap Ketiga penyesuaian metode pembelajaran sesuai kemampuan siswa, diantaranya: metode baghdady untuk siswa kategori pemula, metode iqra’ untuk siswa kategori menengah dan metode tartil untuk siswa kategori mahir. Serta tahap terakhir dilakukannya assesmen berkala untuk memantau kemajuan siswa. 2) Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu dan adaptasi guru terhadap pendekatan baru, sementara faktor pendukung seperti kebijakan madrasah yang proaktif, ketersediaan fasilitas juga berperan penting, kolaborasi antar siswa dan guru serta motivasi siswa yang meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Asniyah Nailasariy, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Teaching at the Right Level (TaRL), Pembelajaran Membaca Al-Qur’an, PAI |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 13:43 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 13:43 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70229 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |