STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Ahmad Faisal Rizqi Akbar, NIM.: 18104010104 (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2023/2024)
18104010104_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2023/2024)
18104010104_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Peran seorang guru Pendidikan Agama Islam menjadi sangat penting untuk membantu dan mendorong peningkatan minat serta kemampuan baca-tulis AlQur'an pada peserta didiknya. Penelitian ini mengambil subjek di SMP Negeri 1 Borobudur, yang dilatarbelakangi oleh minat dan kemampuan membaca tulis AlQur'an pada remaja, terutama di usia sekolah mereka yang cenderung menurun. Pengaruh dari teknologi dan media sosial telah mengalihkan perhatian mereka dari pembelajaran Al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan mengenai strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, tentang proses membaca Al-Qur’an dan mengulas tentang kemampuan membacal Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Borobudur. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitiannya yaitu Guru PAI dan siswa di SMP Negeri 1 Borobudur dan informannya adalah Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Borobudur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan analisis deskriptif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Guru mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan baca Al-Qur’an, dengan menggunakan strategi sorogan, klasikal individual, klasikal baca simak. Metode yang digunakan metode Iqro’ dan Qiro’ati. (2) Guru membiasakan baca Al-Qur’an sebelum belajar memulai pelajaran. (3) Guru memberikan latihan hapalan untuk anak yang lancar membaca Al-Qur’an dan belajar khusus Iqro’ untuk anak yang masih belajar huruf hijaiyyah. siswa yang memiliki kemampuan tahsin yang baik dan tidak memiliki tahsin yang tidak baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Yuli Kuswandari, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Al-Qur'an, Kemampuan Membaca, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Mar 2025 13:25
Last Modified: 03 Mar 2025 13:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70416

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum