PENGEMBANGAN E-MODUL BERMUATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP BERBANTUAN FLIP PDF CORPORATE EDITION PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK SMA/MA

Anggun Lintang Puspita, NIM.: 21104060022 (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERMUATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP BERBANTUAN FLIP PDF CORPORATE EDITION PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BERMUATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP BERBANTUAN FLIP PDF CORPORATE EDITION PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK SMA/MA)
21104060022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BERMUATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP BERBANTUAN FLIP PDF CORPORATE EDITION PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK SMA/MA)
21104060022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Bahan ajar yang digunakan oleh guru saat pembelajaran masih banyak yang menggunakan berupa bahan cetak, yang hanya berisi materi dan latihan soal. Keterbatasan sumber belajar tersebut dikarenakan guru yang kesulitan dalam menyusun bahan ajar yang berbasis digital. E-modul bermuatan chemo-entrepreneurship akan membantu penyampaian materi hidrokarbon yang dianggap kompleks karena menjadi dasar untuk memahami konsepkonsep kimia lainnya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul bermuatan chemo-entrepreneurship berbantuan flip PDF corporate edition pada materi hidrokarbon untuk SMA/MA dan mengetahui kualitas produk berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, reviewer (guru kimia), dan respon peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Namun, penelitian ini dibatasi hingga tahap Develop. Penilaian kualitas dilakukan dengan menggunakan skala Likert, sedangkan data respon peserta didik menggunakan skala Guttman. Hasil penilaian menunjukkan bahwa validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 91,67%, penilaian validasi ahli media sebesar 96,67%, penilaian oleh tiga reviewer (guru kimia) sebesar 92,5%, dan hasil respon peserta didik sebanyak sepuluh orang mendapat persentase 94%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul bermuatan chemo-entrepreneurship berbantuan flip PDF corporate edition dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar dalam pembelajaran kimia materi hidrokarbon

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Laili Nailul Muna, M.Sc
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Chemo-Entrepreneurship, Flip PDF Corporate Edition, Hidrokarbon
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Mar 2025 10:46
Last Modified: 07 Mar 2025 10:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70461

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum