Eni Widhiastuti, NIM.: 19104020067 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS VIDEO 2D MENTAL CANVAS DENGAN MATERI ḤADIQOTUL ḤAYAWANAT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MI MA’ARIF PIJENAN PANDAK TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS VIDEO 2D MENTAL CANVAS DENGAN MATERI ḤADIQOTUL ḤAYAWANAT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MI MA’ARIF PIJENAN PANDAK TAHUN AJARAN 2024/2025)
19104020067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS VIDEO 2D MENTAL CANVAS DENGAN MATERI ḤADIQOTUL ḤAYAWANAT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MI MA’ARIF PIJENAN PANDAK TAHUN AJARAN 2024/2025)
19104020067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan media pembelajaran yang belum maksimal oleh tenaga pendidik di era digital ini. Adapun tujuannya untuk mengembangkan video pembelajaran bahasa Arab berbasis video 2D mental canvas, mengetahui bagaimana mengembangan video 2D mental canvas, mengetahui kelayakan video pembelajaran 2D mental canvas, dan untuk mengetahui respon siswa kelas V MI Ma’arif Pijenan Pandak terhadap video pembelajaran 2D mental canvas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan model Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahapan yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk akhir, dan produksi masal. Kualitas produk dinilai oleh dua validator yaitu, 1 ahli materi dari guru bahasa Arab, 1 ahli media dan direspon oleh 5 siswa pada ujicoba terbatas dengan pemilihan acak dan 23 siswa pada ujicoba pemakaian. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berbentuk angket untuk menilai kualitas produk dan angket respon siswa terhadap produk pengembangan tersebut. Teknik analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini berupa video pembelajaran bahasa Arab berbasis video 2D mental canvas. Kualitas dari produk video pembelajaran bahasa Arab berbasis 2D mental canvas untuk siswa kelas V MI Ma’arif Pijenan Pandak menurut ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4.93 dengan presentase skor 98.57% termasuk dalam kriteria penilaian Sangat Baik (SB). Penilaian ahli media memperoleh skor rata-rata 4.88 dengan presentase skor 97.50% termasuk dalam kriteria penilaian Sangat Baik (SB). Respon siswa terhadap video pembelajaran bahasa Arab berbasis video 2D mental canvas pada uji terbatas memperoleh skor rata-rata 4.26 dengan presentase skor 85.20% termasuk dalam kriteria penilaian Sangat Setuju (SS), pada ujicoba pemakaian oleh 23 siswa mendapat skor rata-rata 4.51 dengan presentase skor 90.26% termasuk dalam kriteria penilaian Sangat Setuju (SS).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Dr. Nurhadi, S.Ag, MA. |
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran; video pembelajaran; Video 2D Mental Canvas. |
Subjects: | 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.78 Bahasa Arab - Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 10:49 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 10:49 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70526 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |