PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH KREGAN SLEMAN

Bentar Ali Pare, NIM.: 20104010090 (2025) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH KREGAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH KREGAN SLEMAN)
20104010090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH KREGAN SLEMAN)
20104010090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini di SD Muhammadiyah Kregan masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menghafal karena guru yang masih menggunakan media seperti iqro dan juz ’Amma tanpa variasi dan kurang memanfaatkan penggunaan media yang bervariasi. Karena itu peserta didik menjadi kurang antusias sehingga mereka cepat bosan dalam menghafal. Untuk itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian berkenaan dengan penggunaan media flashcard dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an peserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah Kregan serta mengetahui apa saja tantangan yang dialami dalam menggunakan media flashcard dan bagaimana solusi mengatasi tantangan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mengambil latar di SD Muhammadiyah Kregan. Subjek penelitian ini terdiri atas kepala sekolah, Guru Ismuba (Al-Islam,kemuhammadiyahan, dan bahasa arab), Guru tahfidz, dan Peserta didik. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan tringulasi sumber tringulasi teknik. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran tahfidz yang dilaksanakan di kelas IV SD Muhammadiyah kregan menggunakan media flashcard peserta didik yang sebelumnya belum mencapai target hafalan yang sudah ditentukan oleh sekolah setelah menggunakan media flashcard mengalami peningkatan yaitu bisa menyelesaikan target hafalan, (2)Tantangan yang ditemukan pada pembelajaran tahfidz saat menggunakan flashcard yaitu; bacaan peserta didik yang masih belum lancar, banyaknya ayat yang susah dihafal dan ayat yang mirip-mirip, ukuran huruf yang terlalu kecil, terlalu banyak ayat yang tertulis didalam satu lembar flashcard, sulitnya mengatasi peserta didik yang beragam, (3)Solusi dalam mengatasi tantangan tersebut adalah dengan cara mengadakan program tambahan seperti TPQ setelah jam belajar selesai, memberikan tanda atau warna pada ayat yang sama, membenarkan ukuran font yang terlalu kecil sehingga mudah dipahami, memotong ayat yang terlalu panjang dan menjadikannya beberapa lembar flashcard.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: tahfidz; flashcard; media pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Mar 2025 14:27
Last Modified: 17 Mar 2025 14:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70528

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum