Afifah Hidayati, NIM.: 19104020027 (2025) ANALISIS KITAB AN-NAHWU AT-TATBIQI KARYA KHALID ‘ABD AL-‘AZIZ (Ditinjau dari Seleksi, Gradasi, Presentasi, dan Repetisi). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (ANALISIS KITAB AN-NAHWU AT-TATBIQI KARYA KHALID ‘ABD AL-‘AZIZ (Ditinjau dari Seleksi, Gradasi, Presentasi, dan Repetisi))
19104020027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (ANALISIS KITAB AN-NAHWU AT-TATBIQI KARYA KHALID ‘ABD AL-‘AZIZ (Ditinjau dari Seleksi, Gradasi, Presentasi, dan Repetisi))
19104020027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Buku teks berperan penting dalam sebuah pembelajaran, yakni sebagai sumber pembelajaran utama dan sebagai media pembelajaran. Kitab An-Naḥwu At-Taṭbīqī karya Khālid ‘Abd al-‘Azīz adalah salah satu di antara kitab naḥwu kontemporer yang tersebar di banyak negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi kitab An-Naḥwu At-Taṭbīqī karya Khālid ‘Abd al-‘Azīz ditinjau dari aspek seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi menurut teori William Francis Mackey. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research. Sumber data primer untuk objek material adalah kitab An-Naḥwu At-Taṭbīqī karya Khālid ‘Abd al-‘Azīz, sedangkan untuk objek formal adalah buku Language Teaching Analysis karya William F. Mackey. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dan dianalisis menggunakan teknik content analysis, dengan langkah-langkah: (1) pengadaan data; (2) pencatatan data; (3) reduksi data; (4) penarikan kesimpulan; dan (5) pendeskripsian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dari aspek seleksi, kosakata dalam kitab An-Naḥwu At-Taṭbīqī sudah memenuhi kriteria-kriteria yang menjadi dasar dalam menyeleksi, yaitu: frequency, range, availability, coverage, dan learnability; (2) dari aspek gradasi, materi-materi dalam kitab An-Naḥwu At-Taṭbīqī telah dikelompokkan sesuai prinsip-prinsip keseragaman, kekontrasan, dan keparalelan, serta telah diurutkan secara sistematis sesuai psikologi belajar. Kitab ini secara umum menggunakan gradasi lurus, meskipun terdapat beberapa sub bab yang menggunakan gradasi putar; (3) dari aspek presentasi, kitab An-Naḥwu At-Taṭbīqī menggunakan prosedur piktoral dan prosedur kontekstual, sedangkan prosedur diferensial dan prosedur ostensif tidak digunakan. Prosedur piktoral mencakup bagan dan tabel, sementara prosedur kontekstual meliputi definisi, enumerasi, substitusi, dan konteks ganda; (4) dari aspek repetisi, kitab An-Naḥwu At-Taṭbīqī memiliki penajaman materi dalam setiap tema atau bab pembahasan, yang berupa pemberian contoh dan praktik-praktik (taṭbīqāt). Selain itu terdapat penambahan i‘rāb yang menjelaskan secara detail kedudukan kata dalam contoh dan soal taṭbīqāt yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I., M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Buku Teks; Teori William Francis Mackey; PROSEDUR MENGAJAR |
Subjects: | 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.707 6 Bahasa Arab - Metode Belajar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 09:33 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 09:33 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70531 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |