Widi Alifia Salsabilla, NIM.: 20104070046 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN BLOGSPOT PADA MATERI SEL UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN BLOGSPOT PADA MATERI SEL UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA)
20104070046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN BLOGSPOT PADA MATERI SEL UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA)
20104070046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan telah mendorong inovasi dalam metode pembelajaran, salah satunya melalui pemanfaatan media berbasis digital. Pembelajaran berbasis website menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa, terutama pada materi yang kompleks seperti sel dalam biologi. Blogspot sebagai platform yang mudah diakses dan digunakan memungkinkan pengembangan media pembelajaran interaktif yang dapat mendukung proses belajar siswa secara mandiri maupun dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk : mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis website dengan menggunakan Blogspot pada materi sel sebagai sumber belajar alternatif siswa kelas XI SMA/MA, mengetahui kelayakan dan kualitas produk yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan reviewer, mengetahui tanggapan siswa kelas XI SMA Negeri 4 Yogyakarta terhadap media pembelajaran interaktif berbasis website dengan menggunakan Blogspot. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian Research and Development (R&D) serta menerapkan model perancangan ADDIE yang meliputi tahap analisis (Analysis), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap penerapan (Implementation) yang dilakukan secara terbatas, serta tahap evaluasi (Evaluation). Kualitas produk akan dinilai menggunakan instrumen penilaian berdasarkan skala Likert untuk reviewer (1 orang ahli media, 1 orang ahli materi, 5 orang peer reviewer, dan 1 orang guru biologi) dan skala Guttman untuk 15 siswa kelas XI SMA Negeri 4 Yogyakarta tahun ajaran 2024/2025. Hasil dari pengambilan data yang telah dilakukan, yaitu penilaian ahli materi sebesar 90%, penilaian ahli media sebesar 94,4%, penilaian peer reviewer sebesar 98,8%, penilaian guru biologi sebesar 98,3%, dan respon siswa sebesar 96,25%. Dengan demikian kualitas produk media pembelajaran yang sedang dikembangkan termasuk ke dalam kategori sangat baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran di dalam kelas.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Runtut Prih Utami, S.Pd., M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Blogspot; sel; media pembelajaran. |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 18 Mar 2025 10:12 |
| Last Modified: | 18 Mar 2025 10:12 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70533 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
