Miftahurroyyan, NIM.: 20104010092 (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MELALUI WEB NU ONLINE PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MELALUI WEB NU ONLINE PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024)
20104010092_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MELALUI WEB NU ONLINE PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024)
20104010092_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui Web NU Online Pada Mata Pelajaran Fikih Di MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini membahas tentang kendala guru dalam mengajar peserta didik menggunakan metode ceramah karena peserta didik merasa jenuh dan tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran Fikih. Seharusnya penerapan metode ceramah ini diperluas lagi dengan kerangka berkonsep berisi teknik, metode dan pendekatan pembelajaran bernama model pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran Discovery Learning yang diterapkan melalui web NU Online pada mata pelajaran Fikih. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi serta menganalisis implikasi model pembelajaran Discovery Learning melalui web NU Online pada mata pelajaran Fikih di MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, bertempat di MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru MTs Nurul Ummah serta seluruh peserta didik kelas VII B MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta berjumlah 18 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara serta dokumentasi serta dianalisis dengan metode Milles dan Huberman: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pembelajaran Discovery Learning berbantuan web NU Online pada mata pelajaran Fikih kelas 7 di MTs Nurul Ummah Yogyakarta memilliki 2 aspek, yaitu aspek perencanaan serta aspek pelaksanaan. Dari aspek perencanaan semuanya terlaksana dengan baik & optimal. Sementara dari aspek pelaksanaan yang terdiri atas 6 tahap, 2 diantaranya tidak sesuai dengan kajian teori, yaitu problem statement & generalization. 2) Implikasi pembelajaran Discovery Learning berbantuan web NU Online terhadap pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Fikih kelas 7 di MTs Nurul Ummah Yogyakarta mempunyai 7 kategori pemahaman yang dikaitkan dengan pemahaman peserta didik. Dari 7 kategori yang ada, 4 diantaranya memenuhi kriteria pemahaman peserta didik penafsiran/interpreting, mencontohkan/exemplifying, pengklasifikasian/classifying, membandingkan/comparing. Sedangkan 3 sisanya tidak memenuhi, yaitu kategori pemahaman merangkum (inferring), menyimpulkan (summarizing) & penjelasan (explaining).
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Sri Purnami S. Psi. M.A. |
| Uncontrolled Keywords: | discovery learning; Web NU Online; fikih; peserta didik |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 18 Mar 2025 10:34 |
| Last Modified: | 18 Mar 2025 10:34 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70535 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
