PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN ILMU BALAGHAH DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN MODERN ALMU’MINIEN LOHBENER INDRAMAYU TAHUN AJARAN 2024/2025

Ana Mutiara Sani, NIM.: 19104020078 (2025) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN ILMU BALAGHAH DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN MODERN ALMU’MINIEN LOHBENER INDRAMAYU TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN ILMU BALAGHAH DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN MODERN ALMU’MINIEN LOHBENER INDRAMAYU TAHUN AJARAN 2024/2025)
19104020078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN ILMU BALAGHAH DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN MODERN ALMU’MINIEN LOHBENER INDRAMAYU TAHUN AJARAN 2024/2025)
19104020078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan bagaimana sistem dan proses pembelajaran Ilmu Balāghah berlangsung, dan problematika apa saja yang dihadapi siswa dalam pembelajaran Ilmu Balāghah, serta upaya apa saja untuk mengatasi probelamatika dalam pembelajaran Ilmu Balāghah di Kelas XI Madrasah Āliyah Al-Mu’minien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya berupa penelitian lapangan, atau yang sering dikenal sebagai “Field Research”. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI Madrasah Āliyah Al- Mu’minien, guru pelajaran Ilmu Balāghah, serta kepala Madrasah. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah : 1) Sistem pembelajaran Ilmu Balāghah di kelas XI MA Al-Mu’minien terdapat unsur atau komponen yang saling berkaitan diantarnya kurikulum, siswa-siswi, guru, metode, media, materi, evaluasi, sarana prasarana. 2) Proses pembelajaran Ilmu Balāghah di kelas XI MA Al-Mu’minien menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, diawali dengan persiapan pembelajaran seperti membaca doa, kemudian proses pembelajaran seperti kegiatan awal guru mengucapkan salam dan mengabsen, kemudian lanjut pada kegiatan inti proses pembelajaran Ilmu Balāghah yang membahas tentang Ilmu Bayān yaitu pada bagian Majāz Mursal, kemudian kegiatan penutup guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari, kemudian diakhiri dengan membaca Kaffārotul majlis. 3) Problematika yang terdapat di kelas XI MA Al-Mu’minien ditinjau dari proses pembelajaran Ilmu Balāghah yang membahas Ilmu Bayān terkait Majāz Mursal, yaitu terdapat problem linguistik (kebahasaan) seperti kurangnya penguasaan kosakata dan sinonimnya, kurangnya pemahaman tata bahasa. Dan problem non linguistik (Non Kebahasaan) seperti latar bekalang pendidikan, Faktor fisiologis (kondisi jasmani dan kesehatan), kurangnya motivasi belajar, metode pembelajaran kurang tepat, faktor lingkungan fisik, faktor kedisiplinan, alokasi waktu, dan fasilitas. 4) Upaya untuk mengatasi problematika pembelajaran yang ditinjau dari proses pembelajaran Ilmu Balāghah yang membahas Ilmu Bayān terkait Majāz Mursal, yaitu memberikan kosakata baru dan sinonimnya, penambahan bimbingan dan latihan, penguatan motivasi, perubahan metode dan strategi pembelajaran, disiplin waktu, penambahan jam khusus, mereduksi kebisingan, penambahan fasilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Problematika Pembelajaran, Ilmu Balaghah,Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Mar 2025 10:49
Last Modified: 27 Mar 2025 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70629

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum