UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MELALUI MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS IV MIN 3 MAGETAN

Aqsha Hilmana Kholvi, NIM.: 20104080064 (2025) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MELALUI MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS IV MIN 3 MAGETAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MELALUI MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS IV MIN 3 MAGETAN)
20104080064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MELALUI MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS IV MIN 3 MAGETAN)
20104080064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Arab di MIN 3 Magetan guru hanya menggunakan metode ceramah yang monoton sehingga siswa menganggap pembelajaran Bahasa Arab merupakan pembelajaran yang sulit dan membosankan setelah Matematika.Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab masih banyak yang belum tuntas.Untuk mengatasi masalah pada pembelajaran Bahasa Arab yaitu dengan memfokuskan pada kosakata bahasa itu sendiri hal yang perlu dilakukan ialah penggunaan media pembelajaran yang memudahkan siswa untuk mengingat kosakata tersebut seperti penerapan media kartu Flashcard dalam pengupayaan meningkatkan hasil belajar dan prestasi siswa.Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : [1] Bagaimana hasil belajar Bahasa Arab sebelum diterapkan media Flashcard dan sesudah diterapkan media Flashcard pada siswa kelas IV MIN 3 Magetan, [2] Apakah media Flashcard dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab pada siswa kelas IV MIN 3 Magetan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus,masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi:Prestasi hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, hasil wawancara guru mata pelajaran dan siswa, dan dokumentasi.Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah:adanya peningkatan hasil belajar siswa diatas KKM 85 yang mencapai 85% dari jumlah siswa kelas IV MIN 3 Magetan. Hasil penelitian pada Pra siklus memperoleh nilai rata-rata 85,2 dengan presentase ketuntasan 68% yang masuk kategori kurang, pada tahap siklus I memperoleh nilai rata-rata 89,4 dengan ketuntasan 88% yang termasuk kategori baik, kemudian pada tahap siklus II mencapai nilai rata-rata 98,62 dengan presentase ketuntasan 90% masuk kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr.H.Jauhar Hatta, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Hasil Belajar Siswa, Media Flashcard
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 27 Mar 2025 10:46
Last Modified: 27 Mar 2025 10:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70635

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum