Devi Permatasari, NIM.: 21104090030 (2025) PENGARUH ANTUSIASME GURU DAN PENGGUNAAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) TERHADAP KEBERHASILAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 6 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGARUH ANTUSIASME GURU DAN PENGGUNAAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) TERHADAP KEBERHASILAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 6 YOGYAKARTA)
21104090030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGARUH ANTUSIASME GURU DAN PENGGUNAAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) TERHADAP KEBERHASILAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 6 YOGYAKARTA)
21104090030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kurikulum Merdeka mendorong kebebasan belajar dan pembelajaran berdiferensiasi, namun banyak guru kurang memahami esensinya, sehingga implementasi kurang optimal. Kementerian Pendidikan meluncurkan Platform Merdeka Mengajar, tetapi antusiasme guru SMAN 6 masih kurang dan penggunaannya belum efektif meskipun guru-gurunya kompeten dan berkualifikasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui bagaimana pengaruh antusiasme guru terhadap keberhasilan implementasi kurikulum merdeka di SMAN 6 Yogyakarta. (2) Mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) terhadap keberhasilan implementasi kurikulum merdeka di SMAN 6 Yogyakarta. (3) Mengukur besar pegaruh antusiasme guru dan penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) terhadap keberhasilan implementasi kurikulum merdeka di SMAN 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di SMAN 6 Yogyakarta dengan sampel sebanyak 45 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode penetapan sampel jenuh. Variabel independen dalam penelitian ini adalah antusiasme guru dan penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan variabel dependen adalah keberhasilan implementasi kurikulum merdeka. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket atau kuesioner. Sementara itu, metode analisis data dengan statistik deskriptif untuk mengetahui karakteristik sampel dan distribusi frekuensi data, dan statistik inferensial untuk mengetahui adanya hubungan dan pengaruh antara variabel x dan y. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel antusiasme guru (X1) terhadap variabel keberhasilan implementasi kurikulum merdeka (Y) di SMAN 6 Yogyakarta dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari nilai 0,05. (2) Tidak terdapat pengaruh antara variabel penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) (X2) terhadap variabel keberhasilan implementasi kurikulum merdeka (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,319 lebih besar dari nilai 0,05. (3) Besaran pengaruh sebesar 62,2% dan sisanya sebesar 37,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari nilai 0,05 yang artinya terdapat pengaruh antara antusiasme guru (X1) dan penggunaan Platform Merdeka Mengajar (X2) terhadap keberhasilan implementasi kurikulum merdeka (Y) di SMAN 6 Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Nora Saiva Jannana, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | antusiasme guru; Platform Merdeka Mengajar (PMM); kurikulum merdeka |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 14:03 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 14:03 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70840 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |