PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP PERKEMBANGAN AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2024/2025

M. Fatkhul Anwar, NIM.: 21104010077 (2025) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP PERKEMBANGAN AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP PERKEMBANGAN AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2024/2025)
21104010077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP PERKEMBANGAN AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2024/2025)
21104010077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena penurunan akhlak peserta didik di era digital, seperti perilaku agresif, ketidakjujuran akademik, dan penyimpangan akhlak memerlukan evaluasi penerapan kurikulum dalam membentuk karakter. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap perkembangan akhlak peserta didik di kelas XI SMA N 1 Kalasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain ex-post facto model satu kelompok dan pengukuran retrospektif. Data dikumpulkan melalui angket retrospektif yang mencakup empat dimensi akhlak (akhlak terhadap Allah SWT, sesama manusia, diri sendiri, dan lingkungan) dengan skala likert 1-5. Sampel penelitian terdiri dari 127 peserta didik dari 252 populasi kelas XI yang dipilih secara acak. Hasil uji beda menggunakan Paired Sampel T-Test menunjukan perbedaan signifikan (Sig. 0.048 < 0.05), dan analisis N-Gain Score menunjukan hasil rata-rata -5.1470% (kategori “tidak efektif”). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan kurikulum merdeka terhadap perkembangan akhlak peserta didik kelas XI SMA N 1 Kalasan. Besarnya pengaruh penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap perkembangan akhlak peserta didik adalah sangat kecil yaitu sebesar -5.1470%. Penelitian ini merekomendasikan studi lanjutan dengan variabel pendukung seperti peran keluarga, lingkungan sosial, dan pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka Belajar; perkembangan akhlak; peserta didik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375.006 Pendidikan - Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Apr 2025 11:25
Last Modified: 17 Apr 2025 11:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70861

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum