PENGARUH BRAND IMAGE DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SEKOLAH DI MAN 2 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025

Fikri Alfiyaturrahmah, NIM.: 21104090084 (2025) PENGARUH BRAND IMAGE DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SEKOLAH DI MAN 2 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BRAND IMAGE DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMLIH SEKOLAH DI MAN 2 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025)
21104090084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BRAND IMAGE DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMLIH SEKOLAH DI MAN 2 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025)
21104090084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh citra merek dan Biaya pendidikan terhadap keputusan siswa dalam memilih sekolah di MAN 2 Bantul Yogyakarta. Di era kompetitif ini, sekolah perlu memahami bagaimana citra merek yang telah dibangun serta biaya pendidikan yang ditetapkan dapat mempengaruhi keputusan calon siswa dalam memilih sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel Brand image (X) terhadap variabel keputusan memilih sekolah (Y) ketika dikontrol oleh variabel biaya pendidikan (Z) yang didasarkan oleh teori perilaku konsumen menurut Schiffman dan Kanuk. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Bantul dengan sampel 245 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability random sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Brand image, variabel dependen adalah keputusan memilih sekolahdan variabel kontrol adalah biaya pendidikan. Metode pengumpulan data dengan menggunakankuesioner. Sementara itu, teknik analisis data dengan statikstik deskriptif untuk mengetahui komposisi sampel, distribusi frekuensi data dan tabel silang, dan statistik inferensial untuk mengetahui adanya hubungan dan besaran pengaruh antara variabel X, Y dan Z. Analisis yang dilakukan adalah uji korelasi bivariat dan parsial dan uji regresi linear berganda. Hasil perbandingan antara koefisien korelasi bivariat antara X dan Y dengan koefisien korelasi parsial antara X dan Y serta Z menunjukkan koefisien ryx > ryx.z yaitu 0.697 > 0.481. Hasil ini didukung dengan analisis regresi yang menunjukkan bahwa kontribusi biaya pendidikan dalam meningkatkan keputusan siswa memilih sekolah lebih besar dibandingkan Brand image sekolah tersebut dengan persamaan regresi linear berganda Y = 5,719 + 0.666X + 0.889Z. Koefisien determinasi (R2) bernilai 0.621 memiliki arti bahwa variabilitas keputusan memilih sekolah mampu diterangkan oleh variabilitas Brand image dan biaya pendidikan sebesar 62.1%. Sisanya, sebesar 37.1% diterangkan oleh variabel lain yang tidak sedang diteliti di skripsi ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. Imam Machali, S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: brand image; biaya pendidikan; keputusan memilih
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.2 Pendidikan - Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Apr 2025 13:39
Last Modified: 17 Apr 2025 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70865

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum