Audi Ismatul Mukarromah, NIM.: 211040200440 (2025) TAHLIL BUNUD AS'ILAH AL-IKHTIBAR AL-NIHA'I BI-SIGHAH MUTA'ADDIDAH LI-IKHTIBAR LI-MADDAH AL-LUGHAH AL-‘ARABIYAH FI FASL AL-HADI ASHAR FI AL-MADRASAH AL-‘ALIYAH AL-HUKUMIYAH 2 CILACAP LI-AL-SANAH AL-DIRASIYAH 2023–2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (Tahlil bunud as'ilah al ikhtibar al nahai bi saighah muta'adad al ikhjtibar li madah al lughah al 'arabiyyah fi fasl al hadi 'ashr fi al madrasah al 'aliyyah al hukumiyyah 2 Cilacap lil sanah al dirasiyyah 2023/2024 M)
21104020044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (Tahlil bunud as'ilah al ikhtibar al nahai bi saighah muta'adad al ikhjtibar li madah al lughah al 'arabiyyah fi fasl al hadi 'ashr fi al madrasah al 'aliyyah al hukumiyyah 2 Cilacap lil sanah al dirasiyyah 2023/2024 M)
21104020044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam sebuah proses pembelajaran tentunya memerlukan sebuah evaluasi. Evaluasi dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian tujuan atau sasaran suatu program. Bentuk evaluasi berupa analisis butir soal dilaksanakan untuk mengukur kualitas soal yang akan diujikan kepada siswa dengan melihat dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh soal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh pada butir soal ujian akhir bentuk pilihan ganda mata pelajaran Bahasa Arab Kelas XI L MAN 2 Cilacap tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah lembar soal ujian, lembar jawaban siswa, kisi-kisi soal ujian dan kunci jawaban soal ujian. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Alat analisis data menggunakan aplikasi Anates V4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa butir soal masih belum berkualitas karena masih terdapat beberapa butir soal dengan kategori rendah seperti dalam segi, (1) validitas, 7 butir soal (23%) dalam kategori tinggi, tidak ada butir soal (0%) dengan kategori sangat tinggi, 5 butir soal (17%) dalam kategori cukup, 4 butir soal (13%) dalam kategori rendah dan 14 butir soal (47%) dalam kategori sangat rendah, (2) reliabilitas, dengan nilai sebesar 0,72 termasuk dalam reliabilitas kategori tinggi, (3) tingkat kesukaran, 1 butir soal (3%) dalam kategori sangat sukar, tidak ada butir soal (0%) dengan kategori sukar, 1 butir soal (3%) dalam kategori sedang, 13 butir soal (44%) dalam kategori mudah dan 15 butir soal (50%) dalam kategori sangat mudah, (4) daya pembeda, 11 butir soal (37%) dalam kategori kurang baik, 10 butir soal (33%) dalam kategori cukup, 9 butir soal (30%) dalam kategori baik dan tidak ada butir soal (0%) dalam kategori baik sekali, (5) efektivitas pengecoh, 6 butir soal (20%) dalam kategori sangat baik, 4 butir soal (13%) dalam kategori baik, 6 butir soal (20%) dalam kategori buruk, 2 butir soal (7%) dalam kategori kurang baik dan 12 butir soal (40%) dalam kategori sangat buruk.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. H. Zamakhsari, M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | kualitas soal; Bahasa Arab; sumatif akhir semester; Madrasah Aliyah Negeri 2 Cilacap. |
| Subjects: | 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 08 May 2025 10:48 |
| Last Modified: | 29 Jul 2025 14:40 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71022 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
