IMPLEMENTASI TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT) MELALUI PENDEKATAN KOOPERA TIF PADA POKOK BAHASAN FUNGSI SISWA KELAS XI MAN LABORAT FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Siti Ngarofah, NIM.: 01430919 (2006) IMPLEMENTASI TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT) MELALUI PENDEKATAN KOOPERA TIF PADA POKOK BAHASAN FUNGSI SISWA KELAS XI MAN LABORAT FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT) MELALUI PENDEKATAN KOO PERA TIF PADA POKOK BAHASAN FUNGSI SISWA KELAS XI MAN LABORAT FAKULTAS TARBIYAH UIN SUN AN KALIJAGA YOGYAKARTA)
01430919_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT) MELALUI PENDEKATAN KOO PERA TIF PADA POKOK BAHASAN FUNGSI SISWA KELAS XI MAN LABORAT FAKULTAS TARBIYAH UIN SUN AN KALIJAGA YOGYAKARTA)
01430919_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan proses pembelajaran di MAN Laborat Fakultas Tarbiyah (MAN LFT) UIN Sunan Kalijaga Y ogyakarta terutama di kelas Xl selama ini berJangsung kurang efektif HaJ ini dapat dilihat dari aktivitas siswa selama proses pembelajarnn berlangsung, siswa kurang aktif di kelas baik dalam bertanya, mengemukakan pendapat maupun dalam menanggapi pendapat siswa lain. Selain itu, guru mata pelajaran kurang menerapkan metooe pembelajaran yang bervariasi. Di sisi Jain, proses pembeJajaran berJangsung kurang santai dan terJaJu serius. Dengan kata lain pembe]ajarnn aktif, efektif dan menyenangkan belum terwujud pada pembelajarau Matematika di kelas Xl MAN LFT. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dilaksanakanlah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaik-i proses pembelajaran yang dirasa masih kurang, di mana pembeJajaran yang diJaksanakan menggunakan pendekatan kooperatif model Team.,·-Games-Toumament (TGT). Dalam pembelajaran yang menggunakau pendekatan kroperatif model Teams-Games-T01mum1e11t (TGT) ini akan diupayakan terwujudnya pembelajaran aktif, efektif dan menyenangkan den1,'3.ll cara menerapkan Jima komponen utama TGT tersebut antarn lain : presentasi kelas, kerta tim, pennainan, turnamen, penghargaan tim. · Selain itu, dalam pembelajaran Matematika yang m:enerapkan pendekatan kooperatif model TGT materi pelajaran yang disampaikan dikaitkan dengan hal-hal yang berkaitan dengan contoh kehidupan sehari-hari, hal ini bertujuan agar tenvujud pembelajarnn yang bennakna Penelitian tindakan kelas pada pokok bahasan fu11gsi ini terdiri dari dua siklus (putaran) di mana siklus I sebanyak tiga pertemuan dan siklus II sebanyak tiga pertemuan juga. Keaktifan sisw-a, motivasi serta perhatian belajar siswa, semangat bekerjasama positif dalam setiap siklusnya terjadi peningkatan yang positif Keaktifan siswa dapat dilihat dari : siswa bertanya kepada siswa/guru, mengemukakan gagasan, berdiskusi clan bekerjasama dalam kelompok. Pembelajaran yang efektif dapat dilihat dari salah satu indikatomya yaitu penguasaan siswa terhadap materi yang dipeJ

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dra. Hj. Khurul Wardati, M.Si
Uncontrolled Keywords: pembelajaran matematika; model pembelajaran; TGT
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 May 2025 14:39
Last Modified: 22 May 2025 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71083

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum