TA’THIR AL DAWAFI’ AL DAKHILIYYAH WA AL KHARIJIYYAH FI MAKHRAJAT TA’LIM AL LUGHAH AL ‘ARABIYYAH LI TULLAB AL SAFF AL HADY ‘ISHR FI MADRASAH MUHAMMADIYYAH AL KHAMSAH AL THANAWIYYAH YOGYAKARTA FI AL SANAH AL DIRASIYYAH 2024/2025

M. Azfar Rifki, NIM.: 21104020034 (2025) TA’THIR AL DAWAFI’ AL DAKHILIYYAH WA AL KHARIJIYYAH FI MAKHRAJAT TA’LIM AL LUGHAH AL ‘ARABIYYAH LI TULLAB AL SAFF AL HADY ‘ISHR FI MADRASAH MUHAMMADIYYAH AL KHAMSAH AL THANAWIYYAH YOGYAKARTA FI AL SANAH AL DIRASIYYAH 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TA’THIR AL DAWAFI’ AL DAKHILIYYAH WA AL KHARIJIYYAH FI MAKHRAJAT TA’LIM AL LUGHAH AL ‘ARABIYYAH LI TULAB AL SAFF AL HADY ‘ASHR FI MADRASAH MUHAMMADIYYAH AL KHAMSAH AL THANAWIYYAH YOGYAKARTA FI AL SANAH AL DIRASIYYAH 2024/2025)
21104020034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TA’THIR AL DAWAFI’ AL DAKHILIYYAH WA AL KHARIJIYYAH FI MAKHRAJAT TA’LIM AL LUGHAH AL ‘ARABIYYAH LI TULAB AL SAFF AL HADY ‘ISHR FI MADRASAH MUHAMMADIYYAH AL KHAMSAH AL THANAWIYYAH YOGYAKARTA FI AL SANAH AL DIRASIYYAH 2024/2025)
21104020034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi intrinsik dan ekstrinsik terhadap hasil belajar Bahasa Arab peserta didik kelas XI di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan regresi linier berganda. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi dari 73 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi intrinsik dan ekstrinsik secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai R Square sebesar 0,560 (56%), yang menunjukkan bahwa kedua variabel ini memepengaruhi hasil belajar sebesar 56%, sementara 44% dipengaruhi oleh faktor lain. Uji F (simultan) menunjukkan bahwa Fhitung = 44,543 > Ftabel = 3,128, dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, yang mengonfirmasi bahwa motivasi intrinsik dan ekstrinsik secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar. Secara parsial, motivasi intrinsik memiliki thitung = 2,716 > ttabel = 1,995 dan nilai signifikansi 0,008 < 0,05, yang berarti bahwa motivasi intrinsik berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Sementara itu, motivasi ekstrinsik memiliki thitung = 10,765 > ttabel = 1,995 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang menunjukkan pengaruh signifikan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar. Namun, regresi menunjukkan bahwa motivasi intrinsik berpengaruh positif terhadap hasil belajar dengan koefisien regresi 0,517, sedangkan motivasi ekstrinsik memiliki pengaruh negatif dengan koefisien -0,927. Hal ini berarti peningkatan motivasi intrinsik cenderung meningkatkan hasil belajar, sedangkan peningkatan motivasi ekstrinsik justru dapat menurunkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. H. Zamakhsari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; motivasi intrinsik; motivasi; ekstrinsik
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 May 2025 12:51
Last Modified: 27 Aug 2025 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71086

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum