IMPLEMENTASI MARKETING MIX DI PT. NUR RAMADHAN WISATA TAHUN 2024

A. Khotibul Umam Muwaffiq, NIM.: 20102040072 (2025) IMPLEMENTASI MARKETING MIX DI PT. NUR RAMADHAN WISATA TAHUN 2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MARKETING MIX DI PT. NUR RAMADHAN WISATA TAHUN 2024)
20102040072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MARKETING MIX DI PT. NUR RAMADHAN WISATA TAHUN 2024)
20102040072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Industri perjalanan ibadah umrah semakin kompetitif, sehingga perusahaan perlu menjalankan manajemen pemasaran yang efektif agar bisa menarik lebih banyak calon jemaah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk menggali bagaimana perusahaan mengoptimalkan unsurunsur bauran pemasaran, yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, dan proses. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, lalu menganalisisnya dengan teknik model interaktif Miles dan Saldana; data condensation (kondensasi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Nur Ramadhan Wisata berhasil menimplementasikan Marketing Mix 7P dengan indikator masing-masing dari 7P sebagai berikut; me-launching produk dengan melakukan kajian pasar terlebih dahulu menyesuaikan dengan permintaan dan minat calon konsumen; harga berdasar biaya produksi-margin profit, promo, nilai yang diterima, persaingan dan target repeat order atau word of mouth; Lokasi fisik yang strategis di Jl. Monjali dan non fisik seperti aplikasi Bakkah by Nur Ramadhan dan platfrom media sosial; promosi dengan iklan berbayar (Google Adsense, Facebook Adsense dan Instagram Adsense) dan tidak berbayar (postingan IG, FB, Tiktok dan WA), penjualan pribadi (personal selling), promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung; Orang dengan pendidikan pesantren dan perguruan tinggi sebagai raw material dan pengayaan kompetensi melalui pelatihan, pengembangan dan sertifikasi BNSP; Proses dengan menerapkan kemudahan berupa layanan papperless; dan Bukti Fisik dengan membentuk NR Logistik yang khusus mengkaji Physical Evidence.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Aris Risdiana, S.Sos.I., MM
Uncontrolled Keywords: marketing mix; umrah; PT. Nur Ramadhan Wisata
Subjects: 600 Sains Terapan > 650 Business/Bisnis > 658.802 Komunikasi - Pemasaran
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 May 2025 15:08
Last Modified: 23 May 2025 15:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71094

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum