Muhammad Salman Alfarizi, NIM.: 19104020045 (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025)
19104020045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
|
Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V SDIT SALSABILA AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025)
19104020045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar bahasa Arab siswa SDIT Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta pada kelas eksperimen (jigsaw) dan kelas kontrol (konvensional), serta untuk mengetahui apakah dengan diterapkannya metode pembelajaran jigsaw dapat berpengaruh terhadap minat belajar bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi dan menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Penelitian ini mengambil data dari beberapa sumber diantaranya peserta didik dan guru pengampu bahasa Arab dengan menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, serta dokumentasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik SDIT Salsabila Al Muthi’in Yogyakarta, kemudian dipilih sampel yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Sebelum data dianalisis, data terlebih dahulu diuji dengan uji KolomogrovSmirnov dan uji varian untuk mengetahui bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Setelah itu, data diuji dengan uji hipotesis Independent Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Hasil posttest menggunakan kuesioner skala likert menunjukkan rata-rata minat belajar siswa di kelas eksperimen (jigsaw) yaitu 63,3 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (konvensional) yaitu 59,2. (2) Uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test menghasilkan t-hitung sebesar 2.403 dengan Sig. (2-tailed) 0.019 < 0.05, yang mengonfirmasi bahwa metode jigsaw berpengaruh signifikan terhadap minat belajar bahasa Arab.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Nisa Syuhda, S.S., M. Hum |
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Bahasa Arab, Minat Belajar, Jigsaw, Bahasa Arab |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 28 May 2025 11:00 |
| Last Modified: | 28 May 2025 11:00 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71119 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
