Siti Nur Laila Aminah, NIM.: 21104020047 (2025) ISTIKHDAM TARIQAT TA‘ALLUM AL-LUGHAH AL-‘ARABIYAH QA’IMAN ‘ALA SAVI LI NATAIJ DIRASAT AL-TULLAB FI AL-MADRASAH AL-QADIR AL-IBTIDA’IYAH SLEMAN FI AL-‘AM AL-DIRASI 2024/2025 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (ISTIKHDAM TARIQAT TA‘ALLUM AL-LUGHAH AL-‘ARABIYAH QA’IMAN ‘ALA SAVI LINTA’IJ DIRASAT AL-ṬULLAB FI AL-MADRASAH AL-QADIR AL-IBTIDA’IYAH SULAYMAN FI AL-‘AM AL-DIRASI 2024/2025 M)
21104020047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (10MB) | Preview |
|
|
Text (ISTIKHDAM TARIQAT TA‘ALLUM AL-LUGHAH AL-‘ARABIYAH QA’IMAN ‘ALA SAVI LINTA’IJ DIRASAT AL-ṬULLAB FI AL-MADRASAH AL-QADIR AL-IBTIDA’IYAH SULAYMAN FI AL-‘AM AL-DIRASI 2024/2025 M)
21104020047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (23MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk menyelidiki penggunaan metode pembelajaran bahasa Arab berbasis SAVI untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah hasil belajar bahasa Arab siswa yang belum maksimal di MI Al Qodir Sleman. Populasi pada penelitian ini yaitu sebanyak 168 peserta didik, penelitian ini dilakukan di MI Al Qodir Sleman. Teknik pengampilan sampel menggunakan pendekatan purposive sampling yaitu dengan menunjuk langsung. Berdasarkan hasil observasi peneliti mengambil sampel kelas V.A sebagai kelas kontrol dan V.B sebagai kelas eksperimen. Metode pembelajaran bahasa Arab berbasis SAVI merupakan pembelajaran yang meningkatkan kecerdasan anak dengan menggabungkan gerakan fisik dan semua panca indera dilibatkan. Penggunaan metode SAVI memacu siswa untuk belajar lebih tekun sehingga hasil belajar meningkat. Pretest dan Posttest digunakan untuk mengumpulkan informasi. Dengan bantuan SPSS (Satistical Package for Social Science), pendekatan analisis data menggunakan uji statistik parametrik. Berdasarkan hasil penelitian, data yang diperoleh dengan pemberian tes hasil belajar didapatkan hasil dengan uji t analisis uji independent sample t test melalui SPSS versi 27 thitung sebesar 2.066 > ttabel 2.021Artinya nilai signifikansi 2-tailed yaitu 0,047 < 0,05. Maka dalam penelitian ini H1 Diterima dan H0 ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan nilai yang signifikan antara metode pembelajaran berbasis SAVI (Somatic Auditoory Vissualisation Intellectualy) untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab peserta didik di MI Al Qodir Sleman.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Dailatul Syamsiyah., M.Ag |
| Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, SAVI, Hasil Belajar |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 03 Jun 2025 08:54 |
| Last Modified: | 29 Jul 2025 14:49 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71188 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
