EFEKTIVITAS METODE GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS N 10 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Ni’mah Faizah, NIM.: 19104020066 (2025) EFEKTIVITAS METODE GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS N 10 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS N 10 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025)
19104020066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS N 10 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025)
19104020066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Proses belajar mengajar bahasa Arab memerlukan inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Penggunaan metode Group Investigation yang merupakan model pembelajaran kooperatif sebagai salah satu pilihan metode mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui nilai sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran bahasa Arab dengan metode Group Investigation, (2) mengetahui peningkatan nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran bahasa Arab dengan metode Group Investigation, (3) mengetahui seberapa tinggi tingkat efektivitas pembelajaran bahasa Arab dengan metode Group Investigation. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen (quasi experimental) dengan desain pre-test post-test control group yang mengambil latar di MTs N 10 Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan soal tes. Analisis data meliputi pengujian hipotesis dan analisis deskriptif. Hipotesis penelitian diuji dengan uji Wilcoxon. Pengujian hipotesis dan uji pendahuluan dilakukan dengan menggunakan bantuan IBM SPSS Statistics. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen adalah 48,75 dan nilai rata-rata pada posttest sebesar 83,75. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 43,75 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 61,88 (2) Peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah 35. Sedangkan pada kelas kontrol peningkatan nilai pretest dan posttest adalah 18,13. (3) Tinggi tingkat efektivitas pembelajaran bahasa Arab dengan metode Group Investigation adalah 1,9 dan termasuk dalam kriteria tinggi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Nurhapsari Pradnya P,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Metode Group Investigation, Pembelajaran Bahasa Arab, Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jun 2025 14:29
Last Modified: 11 Jun 2025 14:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71304

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum