PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ARABIC DOMINOS CARD TERHADAP PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB SDIT SALSABILA AL MUTHI’IN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025

Muhammad Afif Muslim, NIM.: 19104020044 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ARABIC DOMINOS CARD TERHADAP PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB SDIT SALSABILA AL MUTHI’IN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ARABIC DOMINOS CARD TERHADAP PENGUASAAN MUFRADĀT BAHASA ARAB SDIT SALSABILA AL MUTHI’IN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025)
19104020044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ARABIC DOMINOS CARD TERHADAP PENGUASAAN MUFRADĀT BAHASA ARAB SDIT SALSABILA AL MUTHI’IN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025)
19104020044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media arabic dominos card terhadap penguasaan mufradāt bahasa Arab peserta didik SDIT Salsabila Al- Muthi’in serta mengetahui pengaruh media arabic dominos card terhadap penguasaan mufradāt bahasa Arab peserta didik SDIT Salsabila Al-Muthi’in. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang diterapkan ialah quasi eksperimen ( eksperimen semu ) berdesain nonequivalent control group design. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi yang melibatkan peserta didik serta guru pengampu mata pelajaran bahasa Arab. Objek penelitian dipilih dengan menggunakan sampling jenuh, dengan kelas IV A sebagai kelas kontrol dan IV B sebagai kelas eksperimen di SDIT Salsabila Al-Muthi’in. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan teknik analisis uji normalitas dan uji homogenitas. Karena data memiliki distribusi yang normal dan bersifat homogen, maka dilanjutkan dengan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan media arabic dominos card dilakukan melalui tahapan penyampaian materi, peserta didik menghafalkan mufradāt, dan penerapan media arabic dominos card. (2) Hasil perhitungan statistik melalui uji independent sample t-test memperoleh nilai Sig. (2-tailed) hanya mencapai angka < 0,001 yang menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara kelas yang diterapkan media arabic dominos card dengan kelas yang tidak menerima penerapan karena kurang dari 0,005.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Nurhapsari Pradnya Paramita, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Arabic Dominos Card; penguasaan mufradat; Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Jun 2025 14:35
Last Modified: 16 Jun 2025 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71354

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum