Mifta Muflihun Nisa, NIM.: 21102010075 (2025) PERSONAL BRANDING MAHASISWI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PERSONAL BRANDING MAHASISWI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM)
21102010075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PERSONAL BRANDING MAHASISWI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM)
21102010075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas personal branding Mahasiswi Muslimah melalui media sosial Instagram dalam konteks meningkatnya penggunaan media digital untuk membangun citra diri. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana strategi personal branding dilakukan Mahasiswi Muslimah Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sunan Kalijaga melalui Instagram serta dampak yang dihasilkannya. Penelitian ini berpijak pada kesenjangan kajian sebelumnya yang lebih banyak berfokus pada personal branding secara umum tanpa mempertimbangkan faktor identitas keislaman dan budaya lokal. Teori yang digunakan adalah Uses and Effect, yang menjelaskan hubungan penggunaan media sosial terhadap efek yang ditimbulkan bagi pengguna. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi akun Instagram, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah lima Mahasiswi Muslimah Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sunan Kalijaga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal branding dilakukan melalui konsistensi tema konten, interaksi aktif dengan audiens, serta pemanfaatan fitur Instagram secara optimal. Personal branding yang dibangun berfokus pada nilai keislaman, pendidikan, dan gaya hidup positif, serta memberikan dampak seperti peningkatan kepercayaan diri, reputasi digital, dan peluang profesional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Instagram menjadi media strategis bagi Mahasiswi Muslimah dalam membentuk citra diri positif yang relevan dengan nilai-nilai Islam di era digital.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Seiren Ikhtiara, M.A. |
Uncontrolled Keywords: | personal branding; muslimah students; social media; instagram |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302.23 Media Komunikasi, Media Massa, Media Sosial |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 10:16 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 10:16 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71488 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |