HUBUNGAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BANTUL

Muhammad Khusni Mushollih, NIM.: 18104080042 (2025) HUBUNGAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BANTUL)
18104080042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BANTUL)
18104080042__BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III MI Negeri 1 Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode korelasi produc moment. Penelitian ini ditujukan terhadap kelas III di MI Negeri I Bantul. Variabel bebas adalah perhatian orangtua dan variabel terikat adalah hasil belajar matematika. Sampel penelitiannya adalah kelas III dengan jumlah 56 orangtua siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket perhatian orang tua dan observasi keterlaksanaan pembelajaran yang sebelumnya telah divalidasi oleh ahli. Data yang telah terkumpul di uji menggunakan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji reliabilitas. Karena data yang diperoleh terdistribusi normal dan reliabel maka menggunakan uji hipotesis dengan uji linier sederhana. Hasil penelitian hubungan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif artinya jika perhatian orangtua tinggi maka hasil belajar matematika juga ikut tinggi dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika di MI Negeri 1 Bantul yang ditunjukan dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,683> dari r tabel 0,266 dengan tingkat hubungan yang kuat. nilai signifikansinya 0,000 < 0,05 maka terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Selain itu uji regresi r2 sebesar 0,466, sehingga perhatian orang tua berpengaruh sebesar 46% terhadap hasil belajar matematika sedangkan faktor lain sebesar 54%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. Sigit Prasetyo, M.Pd.Si,
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; pembelajaran matematika; hasil belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Jul 2025 09:43
Last Modified: 07 Jul 2025 09:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71611

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum