Afiyatunnufus, NIM.: 18104080041 (2025) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD DI KELAS II MIS AL-MA'ARIF BUNTET CIREBON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD DI KELAS II MIS AL-MA'ARIF BUNTET CIREBON)
18104080041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD DI KELAS II MIS AL-MA'ARIF BUNTET CIREBON)
18104080041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan membaca permulaan merupakan keterampilan fundamental dalam perkembangan akademik anak, khususnya di sekolah dasar. Namun, masih banyak siswa kelas II MI Al-Ma’arif Buntet Cirebon yang mengalami kesulitan dalam mengenali huruf, memahami kata, dan membaca dengan lancar. Rendahnya keterampilan membaca ini disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran dan minimnya partisipasi aktif siswa dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media flash card dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain Kemmis dan MC Taggart ang terdiri dari dua siklus pembelajaran. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas II MI Al-Ma’arif Buntet Cirebon. Data dikumpulkan melalui observasi, tes membaca lisan, dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk menilai peningkatan keterampilan membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flash card berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan membaca siswa. Pada siklus I, ketuntasan belajar peserta didik mencapai 69,04%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 93,77%, yang menunjukkan efektivitas metode ini dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flash card dalam pembelajaran membaca permulaan mampu meningkatkan pemahaman, kelancaran, serta keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Oleh karena itu, media ini direkomendasikan sebagai salah satu strategi pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan oleh guru untuk mendukung perkembangan literasi awal peserta didik
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Fitri Yuliawati, S.Pd.Si., M.Pd.Si |
| Uncontrolled Keywords: | keterampilan membaca; flashcard; media pembelajaran; PTK |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 07 Jul 2025 10:24 |
| Last Modified: | 07 Jul 2025 10:24 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71614 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
