PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN FIQH DI KELAS VIII B MTS MU’ALLIMIN PARAKAN TEMANGGUNG JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2024/2025

Azka Aulia Ma’adani, NIM.: 21104010037 (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN FIQH DI KELAS VIII B MTS MU’ALLIMIN PARAKAN TEMANGGUNG JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN FIQH DI KELAS VIII B MTS MU’ALLIMIN PARAKAN TEMANGGUNG JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2024/2025)
21104010037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN FIQH DI KELAS VIII B MTS MU’ALLIMIN PARAKAN TEMANGGUNG JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2024/2025)
21104010037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam pengembangan karakter dan kompetensi individu, namun banyak peserta didik yang cenderung pasif dalam proses pembelajaran, terutama dalam mata pelajaran Fiqh di tingkat madrasah. Rendahnya partisipasi aktif ini disebabkan oleh kurangnya variasi dalam model pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran yang tepat sangat penting untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan. Pembelajaran aktif menjadi pendekatan yang semakin populer, dan salah satu model yang dapat diterapkan adalah Make a Match, yang merupakan tipe pembelajaran kooperatif. Model ini mengajak peserta didik untuk berpasangan dan mencocokkan informasi, sehingga mereka terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model Make a Match di MTs Mu’allimin Parakan, dengan harapan dapat meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar peserta didik, serta memperbaiki dinamika kelas dan interaksi sosial antar peserta didik. Selain itu, penelitian ini juga mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi partisipasi aktif, seperti motivasi dan dukungan lingkungan, untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif mengenai penerapan model ini. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penerapan model make a match dalam pembelajaran Fiqh menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. (2) Adanya peningkatan signifikan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi, skor ratarata partisipasi peserta didik pada siklus I adalah 68 dengan kategori cukup meningkat, pada siklus II mencapai 80 dengan kategori meningkat, dan pada siklus III mencapai 94 dengan kategori sangat meningkat. Selain itu, hasil kuesioner dan wawancara menunjukkan bahwa peserta didik merasa lebih terlibat dan termotivasi dalam pembelajaran Fiqh setelah penerapan model ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. H. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Aktif, Model Pembelajaran, Make a Match, Fiqh, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Jul 2025 14:00
Last Modified: 08 Jul 2025 14:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71683

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum