Fika Septia Rizkyrana, NIM.: 21104080025 (2025) PENERAPAN TEKNIK POMODORO UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA ADHD PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS I DI SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENERAPAN TEKNIK POMODORO UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA ADHD PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS I DI SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI 1 YOGYAKARTA)
21104080025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
|
Text (PENERAPAN TEKNIK POMODORO UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA ADHD PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS I DI SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI 1 YOGYAKARTA)
21104080025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Siswa dengan kondisi ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) sering menujukkan gejala seperti sulit berkonsentrasi, perhatiannya mudah teralihkan, serta cenderung implusif dan hiperaktif dalam kegiatan pembelajaran, terutama pada mata pelajaran PAI. Kesulitan dalam mengendalikan konsentrasi belajar akan membuat siswa sulit memahami materi, mengikuti instruksi, dan menyelesaikan tugas dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan teknik belajar khusus yang dapat membantu siswa ADHD untuk meningkatkan konsentrasi belajarnya. Salah satu teknik yang dinilai efektif adalah teknik pomodoro, yaitu teknik yang menggunakan manajemen waktu yang membagi waktu belajar ke dalam sesi-sesi pendek dan diselingi dengan waktu istirahat singkat. Adapun tujuan dalam penelitian ini, adalah: (1) Untuk mengetahui proses penerapan teknik pomodoro dalam pembelajaran PAI di kelas terhadap siswa ADHD kelas I di SD Muhammadiyah Sokonandi 1 Yogyakarta; dan (2) Untuk mengetahui hasil penerapan teknik pomodoro terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa ADHD kelas I pada mata pelajaran PAI di SD Muhammadiyah Sokonandi 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa dengan ADHD di kelas I B. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dengan bantuan grafik, yang mencakup analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses penerapan teknik pomodoro dalam pembelajaran PAI terhadap siswa ADHD dilakukan dengan membagi waktu belajar menjadi pola (10-5-10-5), yakni 10 menit belajar dan 5 menit istirahat singkat, yang secara bertahap ditingkatkan menjadi pola (15-5-15-5), yakni 15 menit belajar dan 5 menit istirahat singkat. Penerapan teknik ini juga dibantu oleh peran peneliti sebagai guru pendamping bagi siswa ADHD; (2) Hasil penerapan teknik pomodoro menunjukkan adanya peningkatan pada tingkat konsentrasi belajar siswa ADHD yang terlihat dari data pada fase baseline yang sebelumnya dalam kategori “Sangat Rendah” menjadi “Sedang” pada fase intervensi. Peningkatan ini membuktikan bahwa penerapan teknik pomodoro efektif untuk mendukung peningkatan konsentrasi belajar siswa ADHD pada mata pelajaran PAI.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Sigit Prasetyo, M.Pd.Si. |
| Uncontrolled Keywords: | Konsentrasi Belajar, Teknik Pomodoro, Siswa ADHD |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 09 Jul 2025 09:01 |
| Last Modified: | 09 Jul 2025 09:01 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71714 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
