PENGEMBANGAN MEDIA SMART BOX PADA MATERI GAYA GESEK SD/MI

Kurnia Intan Pertiwi, NIM.: 21104080055 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA SMART BOX PADA MATERI GAYA GESEK SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA SMART BOX PADA MATERI GAYA GESEK SD/MI)
21104080055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA SMART BOX PADA MATERI GAYA GESEK SD/MI)
21104080055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Siswa kurang fokus dan kurang tertarik dalam proses pembelajaran. Belum tersedianya media untuk mengajarkan materi gaya gesek karena materi gaya gesek merupakan materi yang sulit diajarkan tanpa menggunakan benda konkrit. (1) memperoleh produk smart pada materi gaya gesek yang layak menurut penilaian validator. (2) mengetahui respon dari calon pengguna produk smart box pada materi gaya gesek. (3) menghasilkan produk pengembangan Smart Box pada Materi Gaya Gesek SD/MI Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model 4-D yang dipopulerkan oleh Thiagarajan menjadi model pengembangan yang digunakan oleh peneliti, tersusun dari empat tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebarluasan (disseminate). Instrumen penelitian berbentuk angket yang menggunakan skala pengukuran Likert untuk mengetahui penilaian dari ahli media, materi, dan praktisi serta skala Guttman untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media smart box. Uji coba dilakukan kepada 28 peserta didik kelas IV. Lokasi penelitian SDN Timbulharjo dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian pengembangan ini adalah: (1) telah diperoleh media smart box berdasarkan hasil penilaian ahli media dengan persentase 90% kategori <Sangat baik=, ahli materi dengan persentase 84% kategori <Baik=, dan praktisi dengan persentase 88% kategori <Sangat Baik=. (2) telah diperoleh respon peserta didik terhadap media smart box dengan penilaian persentase 91% dan termasuk dalam kategori <Positif=. (3) telah diperoleh hasil akhir produk smart box untuk materi gaya gesek kelas IV MI/SD berbentuk kotak dari bahan triplek dengan desain visual penunjang. Media ini dapat digunakan secara individu maupun kelompok, dan dilengkapi dengan buku panduan, LKPD, materi, serta alat praktik seperti papan magnet, mobil mainan, dan stopwatch. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa media smart box yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan dan dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran materi Gaya Gesek di SD/MI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. H. Sedya Santosa, SS., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Gaya Gesek, Pengembangan Media, Smart Box
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Jul 2025 09:24
Last Modified: 09 Jul 2025 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71723

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum