ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS 2 SD MUHAMMADIYAH KOMPLEK KOLOMBO

Asroito Mafazah Daulay, NIM.: 21104080067 (2025) ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS 2 SD MUHAMMADIYAH KOMPLEK KOLOMBO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS 2 SD MUHAMMADIYAH KOMPLEK KOLOMBO)
21104080067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS 2 SD MUHAMMADIYAH KOMPLEK KOLOMBO)
21104080067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya peserta didik pada tingkat sekolah dasar, khususnya di kelas rendah (kelas1, 2, dan 3) yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Kesulitan ini merupakan salah satu hambatan dalam proses pembelajaran yang dapat mempengaruhi perkembangan kemampuan akademik Peserta didik secara menyeluruh. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal yang dilakukan oleh peneliti, ditemukan bahwa beberapa peserta didik kelas 2 SD Muhammadiyah Komplek kolombo mengalami kesulitan dalam membaca. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan identifikasi terhadap bentuk-bentuk kesulitan membaca permulaan yang dialami oleh peserta didik dan strategi seperti apa yang diterapkan oleh guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar membaca peserta didik tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknik dan sumber, sedangkan analisis data dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peserta didik kelas 2 SD Muhamadiyah Komplek Kolombo mengalami beberapa jenis kesulitan dalam membaca permulaan. Kesulitan-kesulitan tersebut antara lain: membaca dengan lambat dan terbata-bata, mengeja huruf satu per satu, melakukan pengulangan suku kata atau kata, tidak memperhatikan serta tidak menggunakan tanda baca dengan benar, salah dalam pemenggalan kata, intonasi membaca yang kurang tepat, menghilangkan huruf konsonan pada akhir kata, tidak mampu melafalkan huruf gabungan huruf diftong, sulit membdakan huruf yang hampir sama, serta tidak memahami isi bacaan yang telah dibaca. 2) starategi yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan ini antara lain: menggunakan metode eja, menulis terlebih dahulu kemudian dibaca, metode permainan kartu huruf, memberikan respon atau umpan balik positif, dan memberikan permisalan untuk huruf yang mirip. Temuan ini menunjukkan pentingnya peran guru dan sekolah dalam memberikan perhatian khusus serta strategi yang tepat untuk membantu peserta didik yang mengalami kesulitan membaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dra. Asnafiyah M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Membaca Permulaan, Strategi Guru, Peserta Didik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Jul 2025 09:30
Last Modified: 09 Jul 2025 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71726

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum