Muhammad Chamim Djazuli, NIM.: 21104020042 (2025) TANFIDH TADRIS AL-INSHA AL-TAHRIRI FI TARQIYAH MAHARAH AL-KITABAH LITULLAB AL-SAFF AL-THANI BI MA’HAD DARUSSALAM GONTOR AL-HARAM AL-KHAMIS DAR AL-QIYAM MAGELANG AL-AM AL-DIRASI 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (TANFIDH TADRIS AL-INSHA AL-TAHRIRI FI TARQIYAH MAHARAH AL-KITABAH LITULLAB AL-SAFF AL-THANI BIMAHAD. DAR AL-SALAM KUNTUR AL-HARAM AL-KHAMIS DAR AL-QIYAM MAJILANG AL-AM AL-DIRASI 2024/2025)
21104020042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (10MB) | Preview |
|
|
Text (TANFIDH TADRIS AL-INSHA AL-TAHRIRI FI TARQIYAH MAHARAH AL-KITABAH LITULLAB AL-SAFF AL-THANI BIMAHAD. DAR AL-SALAM KUNTUR AL-HARAM AL-KHAMIS DAR AL-QIYAM MAJILANG AL-AM AL-DIRASI 2024/2025)
21104020042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi proses pengajaran al-insya' diterapkan pada siswa kelas dua di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 5 Darul Qiyam Magelang tahun ajaran 2024/2025. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pengajaran al-insya' al-tahriri bagi siswa kelas dua. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan utama penelitian ini adalah mengumpulkan informasi lebih lanjut mengenai Implementasi Pembelajaran Al-Insya' At-Tahriri Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas 2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas dua di Pondok Modern Gontor Kampus 5 Magelang, berjumlah 96 siswa. Populasi ini terbagi menjadi empat kelas, dengan masing-masing kelas terdiri dari 28 hingga 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan menulis bahasa Arab siswa, terutama dalam aspek tata bahasa. Penggunaan kosakata (mufradat), dan kemampuan mengembangkan ide. Mayoritas siswa (90%) mengalami peningkatan nilai yang signifikan, dengan rata-rata kenaikan nilai kelas sebesar 9 poin atau 14,4%. Meskipun demikian, terdapat variasi dalam pencapaian individu. Sebagian kecil siswa (6,67%) mempertahankan nilai yang stabil, menunjukkan konsistensi dalam kemampuan mereka. Faktor pendukung keberhasilan implementasi ini antara lain adalah faktor peserta didik (siswa) dan kompetensi guru yang memadai. Adapun kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu dalam latihan dan kurangnya motivasi siswa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Nurul Huda, S.S., M.Pd.I. |
| Uncontrolled Keywords: | Al-Insya' Al-Tahriri, Peningkatan Keterampilan Menulis, Bahasa Arab |
| Subjects: | 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 10 Jul 2025 11:41 |
| Last Modified: | 29 Jul 2025 14:46 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71742 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
