FA'ALIYAT USLUB AT-TA'ALLUM AL-HARAKI FI AS-SAFF AR-RIYADI AL-KHAS BI-MADRASAT MUHAMMADIYAH "7" AL-ALIYAH, YUJYAKARTA LI-AS-SANAH AD-DIRASIYAH 2024/2025 M

Riana Nida Ma’rifah, NIM.: 21104020049 (2025) FA'ALIYAT USLUB AT-TA'ALLUM AL-HARAKI FI AS-SAFF AR-RIYADI AL-KHAS BI-MADRASAT MUHAMMADIYAH "7" AL-ALIYAH, YUJYAKARTA LI-AS-SANAH AD-DIRASIYAH 2024/2025 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FA'ALIYAT USLUB AT-TA'ALLUM AL-HARAKI FI AS-SAFF AR-RIYADI AL-KHAS BI-MADRASAT MUHAMMADIYAH "7" AL-ALIYAH, YUJYAKARTA LI-AS-SANAH AD-DIRASIYAH 2024/2025 M)
21104020049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (FA'ALIYAT USLUB AT-TA'ALLUM AL-HARAKI FI AS-SAFF AR-RIYADI AL-KHAS BI-MADRASAT MUHAMMADIYAH "7" AL-ALIYAH, YUJYAKARTA LI-AS-SANAH AD-DIRASIYAH 2024/2025 M)
21104020049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran bahasa Arab yang sedang berlangsung di kelas khusus olahraga, mengujicobakan model pembelajaran kinestetik, serta menguji efektivitas model kinestetik dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain kuasi eksperimen (Quasi Experimental Design). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kinestetik, sedangkan variabel terikatnya adalah kelas khusus olahraga. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas khusus olahraga di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta tahun ajaran 2024/2025, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, serta uji N-gain dengan bantuan bantuan software aplikasi IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian eksperimen ini adalah: 1) Pembelajaran bahasa Arab di kelas khusus olahraga masih bersifat pasif dan didominasi metode ceramah, dengan siswa lebih nyaman membaca teks bertransliterasi. 2) Penerapan model pembelajaran kinestetik melalui aktivitas fisik seperti game edukatif yang melibatkan gerakan fisik berhasil meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. 3) Model pembelajaran kinestetik ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar, yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,001 (< 0,05) pada uji-t, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Kelas Khusus Olahraga, dan Model Pembelajaran Kinestetik.
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Jul 2025 11:48
Last Modified: 10 Jul 2025 11:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71743

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum