Mustofa Zaini Abdillah, NIM.: 21104020050 (2025) TATBIQ MADDAT QIRAAT AL-KUTUB 'ALA TARIQAT "BAHTH AL-KUTUB" LIL-MUNAQASHAH FI AL-MADRASAH AL-DINIYAH AL-ISLAMIYAH HIDAYAT AL-MUBTADI'IN KOTAGEDE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (TATBIQ MADDAT QIRAAT AL-KUTUB 'ALA TARIQAT "BAHTH AL-KUTUB" LIL-MUNAQASHAH FI AL-MADRASAH AL-DINIYAH AL-ISLAMIYAH HIDAYAT AL-MUBTADI'IN KOTAGEDE)
21104020050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
|
|
Text (TATBIQ MADDAT QIRAAT AL-KUTUB 'ALA TARIQAT "BAHTH AL-KUTUB" LIL-MUNAQASHAH FI AL-MADRASAH AL-DINIYAH AL-ISLAMIYAH HIDAYAT AL-MUBTADI'IN KOTAGEDE)
21104020050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi-ien yang bertujuan untuk mengetahui penerapan mata pelajaran qiro’ah al-kutub dengan metode bahtsul kutub. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan mata pelajaran qiro’ah al-kutub dengan metode bahtsul kutub di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi-ien, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran qiro’ah al-kutub dengan metode bahtsul kutub di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi-ien. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sample berupa purposive sampling dengan memilih individu tertentu seperti Kepala Madrasah, Ketua Pondok, Pengurus Madrasah, Ustadz pengampu dan santri Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi-ien Kotagede yang dianggap memahami tentang penerapan mata pelajaran qira’ah al-kutub di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi-ien. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses pembelajaran qiro’ah al kutub dengan metode bahtsul kutub di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi-ien Kotagede, (2) faktor pendukung dalam pembelajaran qiro’ah al-kutub dengan metode bahtsul kutub berupa guru yang mumpuni, antusiasme santri dan ketersediaan kitab referensi. Sedangkan faktor penghambat yang menjadi tantangan dalam pembelajaran qiro’ah al-kutub dengan metode bahtsul kutub berupa kurangnya persiapan santri, rasa grogi dan kesulitan mencari ibaroh
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Nasiruddin, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Qiro’ah al-Kutub, Bahtsul Kutub, dan Pembelajaran Bahasa Arab |
| Subjects: | 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 10 Jul 2025 11:51 |
| Last Modified: | 10 Jul 2025 11:51 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71744 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
