Umi Istikanah, NIM.: 21104020066 (2025) TA'LIM MAHARAT AL-KALAM LI-QISM AL-LUGHAH AL-'ARABIYAH FI MU'ASSASAT AL-MA'HAD AL-ISLAMI 'ALI MA'SUM KRAPYAK (DIRASAH FI MANZUR AL-SULUKI)). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (TA'LIM MAHARAT AL-KALAM LI-QISM AL-LUGHAH AL-'ARABIYAH FI MU'ASSASAT AL-MA'HAD AL-ISLAMI 'ALI MA'SUM (KARAYIBAK (DIRASAH FI MANZUR AL-SULUKI)))
21104020066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (8MB) | Preview |
|
|
Text (TA'LIM MAHARAT AL-KALAM LI-QISM AL-LUGHAH AL-'ARABIYAH FI MU'ASSASAT AL-MA'HAD AL-ISLAMI 'ALI MA'SUM (KARAYIBAK (DIRASAH FI MANZUR AL-SULUKI)))
21104020066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Bahasa Arab memiliki peran yang sangat penting, terutama bagi umat Muslim dalam memahami ajaran Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits. Namun, pembelajaran bahasa Arab masih menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya pengembangan metode pengajaran yang efektif, keterbatasan interaksi antara guru dan siswa, serta rendahnya pengalaman dalam menggunakan bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari. Akibatnya, banyak peserta didik yang kesulitan dalam menguasai keterampilan berbicara (Mahārah al-Kalām) dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan berbahasa secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, yang berfokus pada pengalaman subjektif individu dalam pembelajaran bahasa Arab. Salah satu metode yang diterapkan dalam pengembangan Maharah Al-Kalam adalah metode drill, seperti latihan (tadrīb) dan pengulangan (takrār), yang membantu santri dalam menguasai struktur bahasa dan kosakata. Selain itu, penggunaan media audiovisual, seperti video dan rekaman audio (tasjīl ṣautī), turut berperan dalam meningkatkan pemahaman santri terhadap pengucapan yang benar dan intonasi yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program bahasa di Pondok Pesantren Ali Maksum yang menerapkan teori belajar behavioristik memiliki dampak yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab. Materi pembelajaran disusun secara sistematis berdasarkan tingkat kemampuan santri, mulai dari dasar (mubtadi’), menengah (mutawassith), hingga lanjutan (mutaqaddim). Implementasi teori ini juga melibatkan penciptaan lingkungan yang kondusif, penggunaan media pembelajaran yang mendukung, serta pemberian penguatan positif untuk mendorong perkembangan keterampilan santri. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran Mahārah al-Kalām di Pondok Pesantren Ali Maksum tidak hanya mengandalkan metode tradisional pesantren, tetapi juga mengadopsi prinsip-prinsip behavioristik yang menekankan perubahan perilaku melalui latihan berulang dan respon positif. Dengan kombinasi strategi tersebut, santri dapat mengembangkan keterampilan berbicara bahasa Arab secara lebih efektif dan berkelanjutan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran bahasa Arab yang lebih inovatif dan aplikatif bagi institusi pendidikan Islam.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Muhajir, S.Pd.I, M.Si. |
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Bahasa Arab, Maharah al-Kalam, Bahasa Arab |
| Subjects: | 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 10 Jul 2025 12:03 |
| Last Modified: | 10 Jul 2025 12:03 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71747 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
